Senin, 02 Oktober 2023
Peristiwa Daerah

Lakalantas Tol Lawang-Singosari Malang, Pengemudi Hiace Menjadi Tersangka

profile
Ashril Hafid

31 Agustus 2023 18:30

1.7k dilihat
Lakalantas Tol Lawang-Singosari Malang, Pengemudi Hiace Menjadi Tersangka
Kasatlantas Agnis J Manurung Tetapkan Sopir Hiace sebagai tersangka atas kelalaiannya mengemudi dalam kondisi mengantuk, 31/8/2023 (doc. Kasatlantas for SJP)

Kabupaten Malang, SJP - Pihak Kepolisian Resor (Polres) Malang melalui Kasatlantas Agnis J Manurung tetapkan pengemudi Microbus Toyota Hiace W7619N, MN alias Mohamad Nafidz (23) asal Dusun Tanggir, Kecamatan Sanggrahan, Kabupaten Tuban sebagai tersangka.

"Kita tetapkan (MN alias Nafidz) dan akan ada proses untuk penahanan,” ucap Agnis, Kamis (31/8/2023) dalam agenda doorstop di Makopolres Malang.

Seperti di ketahui berawal dari perjalanan wisatawan yang diketahui berasal dari Kalimantan Barat dengan tujuan Turen Kabupaten Malang berujung Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di Tol 85 Lawang Singosari, yang mengakibatkan 2 orang meninggal dunia dan 6 lainnya luka-luka, Selasa (29/8/2023) lalu.

“Keluarga rombongan wisatawan ada yang berkuliah di Malang, tujuan utama bersama-bersama wisata ke Masjid Tiban, Turen," ujar Agnis.

Dalam pengakuan pengemudi tersebut, sebelumnya telah melakukan perjalanan dari wilayah Tuban sejak Senin hingga Selasa dan kembali ke lagi ke Sidoarjo, sebelum menjemput para korban, dari situ Agnis menyebut jika sang pengemudi tidak berisitirahat sesampainya di Sidoarjo.

“Sesampainya di Sidoarjo bukan istirahat tapi malah ngopi bersama temannya di angkringan sampai dengan pukul jam 2 pagi," tukas Agnis.

Sang sopir hanya tidur sejam di angkringan tersebut, sekira pukul 3 pagi mengambil kendaraan di tempat travel untuk kemudian pagi menjemput para rombongan tujuan ke Malang tersebut sekira jam 5 pagi.

Dalam keterangan di pemberitaan suarajatimpos.com lalu, sudah jelas, terlihat bahwa pengemudi sudah menggunakan sein ke kanan untuk mendahului kendaraan truk yang ada di depannya namun karena laju kendaraan terlalu kencang, sopir tidak menguasai dan terjadi benturan laka tersebut.

Agnis menyebut faktor microsleep menjadi sebab laka ini terjadi, ia menjelaskan jika hal itu merupakan salah satu pemicu utama kecelakaan.

Agnis berharap kepada para pengendara yang merasa sudah lelah, kurang tidur dianjurkan berhenti sejenak untuk melakukan peregangan badan atau istirahat tidur sebentar. 

Artinya penetapan itu berdasarkan hasil penyelidikan dan pengakuan sang pengemudi mengemudikan Hiace yang berisi rombongan mengalami ngantuk berat.

Agnis mengimbau, agar para pengendara terapkan tidur berkualitas dan pulas.

Hal itu sudah sangat membantu mengembalikan energi khususnya untuk para pengendara yang jam terbangnya tinggi.

Atas kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa, MN alias Nafidz dikenakan pasal berlapis yakni pasal 310 ayat 4 ayat 3 dan ayat 2. (*)

Pewarta : Ashril Hafid
Editor : Noordin

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lakalantas Tol Lawang-Singosari Malang, Pengemudi Hiace Menjadi Tersangka

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT