Sabtu, 10 Juni 2023
Peristiwa Daerah

Berjualan di Trotoar, PKL di Jalan Veteran Bondowoso Ditertibkan

profile
Rizqi

02 Mei 2023 20:51

1.7k dilihat
Berjualan di Trotoar, PKL di Jalan Veteran Bondowoso Ditertibkan
Petugas Satpol PP dan Damkar saat berkomunikasi secara humanis dengan para PKL, agar tidak berjualan di trotoar, Selasa (2/5/2023). (Foto: Rizqi Mardianto/SJP)

Bondowoso, SJP – Maraknya alih fungsi trotoar menjadi tempat berjualan oleh pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan perkotaan di Kabupaten Bondowoso, menjadi atensi Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar).

Oleh karena itu, aparat penegak Peraturan Daerah (Perda) ini terus melakukan penertiban para PKL secara humanis dan tindakan yang persuasif, agar para PKL tidak memanfaatkan trotoar untuk berjualan.

Menurut Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bondowoso, Slamet Yantoko menerangkan, saat ini anggotanya tengah melakukan penertiban di trotoar sisi selatan jalan Veteran, tepatnya di sebelah barat jembatan pasar induk. 

“Kami tindak berdasarkan pengaduan masyarakat jika ada PKL yang menggunakan trotoar untuk berjualan di sekitar taman kota. Selain merusak pemandangan dan apra PKL juga mengganggu warga yang ingin menikmati keindahan kota,” katanya, Selasa (2/5/2023).

Selain itu, Satpol PP juga menindaklanjuti surat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), karena keberadaan PKL di jalan Veteran telah merusak fungsi taman. Oleh karena itu, pihaknya melakukan penertiban secara humanis.

“Ada 4 PKL yang kami tertibkan. Karena, DLH akan melakukan pembersihan dan mengembalikan fungsi taman untuk keindahan kota,” tambah Slamet yang juga mantan Kepala Bagian Organisasi Setdakab Bondowoso ini. 

Proses penertiban, kata Slamet, berjalan lancar dan semua PKL menyadari jika tempat mereka berjualan mengganggu kenyamanan masyarakat. 

“Berkat komunikasi dan sosialiasi yang humanis, tidak ada gesekan antara petugas dan para PKL. Semua bisa memahami dan proses penertiban berjalan lancar,” pungkasnya. (*)

Pewarta: Rizqi Mardianto

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berjualan di Trotoar, PKL di Jalan Veteran Bondowoso Ditertibkan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT