Sabtu, 10 Juni 2023
Pemilu 2024

DPC PDIP Kota Malang Mendaftarkan 45 Kader Terbaiknya

profile
Michel Sima

11 Mei 2023 18:42

1.3k dilihat
DPC PDIP Kota Malang Mendaftarkan 45 Kader Terbaiknya
PDI Perjuangan Kota Malang selesai mendaftarkan bacalegnya di kantor KPU setempat, Kamis (11/5/2023).

Kota Malang, SJP - Pada Kamis (11/5/2023), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) secara resmi mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang.

Sekitar pukul 09.30 WIB, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika dan 44 bacaleg lainnya tiba secara beriringan di Kantor KPU Kota Malang. 

Dalam pantauan Jurnalis Suara Jatim Post, terlihat sejumlah aparat keamanan mengamankan kedatangan mereka. 

KPU Kota Malang menyambut dengan hangat kedatangan PDI Perjuangan yang telah menjadwalkan untuk mendaftarkan 45 Bacaleg, mencapai kuota maksimal yang diperbolehkan.

Dapat diketahui, ini adalah pendaftaran ketiga dari partai-partai politik untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 yang akan datang. 

Sebelumnya, Partai Hanura dan PBB sudah mendaftar ke KPU Kota Malang pada Rabu (10/5/2023) kemarin.

Setelah berada di dalam ruangan, Ketua KPU Kota Malang, Aminah Asminingtyas memberikan informasi kepada lima perwakilan PDI Perjuangan Kota Malang bahwa terdapat beberapa tahapan yang harus diikuti setelah melakukan pendaftaran.

"Pengajuan merupakan tahapan awal, di mana tahap selanjutnya adalah verifikasi administrasi yang akan dilaksanakan pada rentang tanggal 15 Mei hingga 3 Juni 2023," kata Aminah.

KPU Kota Malang meminta secara resmi partai PDI Perjuangan Kota Malang untuk menyerahkan berkas pendaftaran secara resmi kepada KPU. 

Selanjutnya, KPU akan melakukan pemeriksaan dokumen fisik untuk memverifikasi keaslian dan kelengkapan dokumen pendaftaran tersebut.

"KPUD Kota Malang akan melakukan pemeriksaan dokumen fisik untuk memastikan kesesuaian dokumen tersebut. Selain itu, dokumen persyaratan bacaleg juga akan diperiksa untuk tahap selanjutnya. Setelah semua dokumen diverifikasi, KPUD akan menerbitkan tanda terima dan berita acara," jelasnya.

Terpisah Ketua PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menjelaskan secara simbolis, saya menyerahkan berkas pendaftaran untuk 45 bacaleg yang didaftarkan sesuai dengan kuota maksimal yang diperbolehkan.

"Kami tidak mengharapkan sambutan seperti ini dan kami sangat menghargai tindakan KPUD Kota Malang. Kami ingin menyerahkan berkas untuk 45 bacaleg sesuai dengan kuota maksimal yang telah ditentukan," tegasnya.

Made berharap agar terdapat kerjasama antara PDI Perjuangan dengan KPU Kota Malang untuk mengecek apakah terdapat berkas yang kurang lengkap atau salah dalam pengisian.

"Kami berharap ada kerjasama bila terdapat hal-hal yang kurang lengkap atau kesalahan pengetikan. Semoga Pemilu berjalan lancar dan dengan ini kami menyerahkan berkas kami," jelasnya.

Terpisah Achmad Zakaria Bendahara DPC PDIP Kota Malang menjelaskan bahwa Hari ini DPC PDI Perjuangan Kota Malang mendaftarkan 45 Bacaleg ke KPU Kota Malang.

"Tadi sudah menyerahkan 45 berkas Bacaleg dan alhamdulillah persyaratan berkas telah dinyatakan diterima dan lengkap oleh KPU Kota Malang," kata dia.

Seluruh kader yang hari ini hadir sesuai instruksi Ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri dan senada dengan Ketua PDC PDIP Kota Malang bahwa setiap kader PDI Perjuangan diwajibkan untuk berada di tengah tengah masyarakat, tertawa dan menangis bersama rakyat.

"Seluruh kader meskipun bukan kader diwajibkan hadir sesuai dengan instruksi ketua Umum DPP dan DPC dikarenakan agar dapat hadir ditengah-tengah masyarakat," jelasnya.

DPC PDI Perjuangan menargetkan 16 kursi dalam Pileg 2024 mendatang, artinya ada penambahan 4 kursi dari posisi saat ini (12 kursi)

"Untuk tahun pileg mendatang DPC PDIP Kota Malang menargetkan 16 kursi ini bertambah 4 kursi dari sebelumnya," paparnya.

Achmad Zakaria atau yang biasa disebut bung Zaka menjelaskan bahwa Mesin partai terus dijalankan agar dapat memenuhi target 16 kursi tersebut, dan DPC PDI Perjuangan juga terus melakukan koordinasi dengan semua struktural dalam menentukan strategi kedepan.

"Agar dapat memenuhi target yang dicanangkan DPC PDIP Kota Malang terus memanaskan mesinnya dan turun kebawah secara langsung menjangkau rakyat Kota Malang," tutupnya. (*)

Pewarta: Michel Sima

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

DPC PDIP Kota Malang Mendaftarkan 45 Kader Terbaiknya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT