Kamis, 08 Juni 2023
Pemerintahan

Rekomendasi Perbub Dinyatakan Sah Untuk Menjalankan Mekanisme Cakades Sahrudin Hamin

profile
jefri

27 Maret 2023 22:10

1.7k dilihat
Rekomendasi Perbub Dinyatakan Sah Untuk Menjalankan Mekanisme Cakades Sahrudin Hamin
Camat Sepulu, Abd Hadi saat audiensi tim kuasa hukum Cakades Tanagurah Timur, Sahrudin Hamin yang sempat digugurkan oleh Tim P2KD. Senin (27/3/2023). (Jefry Yulianto/ SJP)

Kabupaten Bangkalan, SJP –Bupati Bangkalan Madura merekomendasi bakal Calon Kepala Desa (Cakades) Sahruddin Hamin untuk ditetapkan sebagai Calon Kades Tanagurah Timur, Kecamatan Sepulu, Bangkalan. 

Hal itu tertuang melalui Surat rekomendasi Nomor 400.10.2.2/141/433.031/2023, yang ditandatangani langsung oleh Bupati Bangkalan, Plt Drs Mohni MM itu, dikirim kepada Camat Sepulu yaitu Abd Hadi. 

Kemudian, dari surat rekomendasi itu di tembuskan kepada Sub TFPKD kecamatan sepulu, P2KD Tanagurah timur kecamatan sepulu dan BPD Tanagurah timur kecamatan sepulu.

Didalam surat tersebut Drs Mohni MM melalui Camat Sepulu, supaya pihak P2KD Tanagurah Timur, untuk menetapkan bakal Cakades Sahruddin Hamin sebagai Calon Kades Tanagura Timur.

Surat rekomendasi Bupati Bangkalan itu, dikeluarkan pada tanggal 24 Maret 2023, berdasarkan laporan dan rekomendasi Tim Fasilitas Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) Kabupaten Bangkalan. 

Bahwa setelah dilakukan tim fasilitas oleh TFPKD Bangkalan, mendengarkan argumentasi atau alasan serta data dari pelapor dan terlapor, ditemukan bukti bahwa bakal Cakades atas nama Sahruddin Hamin telah memenuhi persyaratan sebagai bakal calon yang lolos administrasi.

"Dengan alasan surat keterangan pengganti Ijasah yang di keluarkan oleh sekolah yang di kuatkan dari dinas pendidikan Kabupaten Bangkalan diakui kebenarannya," ujar Camat Sepulu, Abd Hadi kepada awak media, Senin (27/3/2023).

Selain itu, lanjut Hadi didalam isi surat rekomendasi Bupati Bangkalan, Drs Mohni MM juga tertulis bahwa Sdr Sahruddin Hamin berhak mengikuti tahapan selanjutnya untuk di tetapkan sebagai calon kepala desa. Dan berharap untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Hadi juga sebagai utusan Sub TFPKD Bangkalan, akan menyampaikan ke pihak P2KD Tanagurah Timur untuk penetapan Sahruddin Hamin sebagai calon Kades Tanagurah Timur.

"Saya sebagai utusan sub TFPKD Bangkalan untuk memberikan Surat dari pak bupati yang dikirim ke 4 kecamatan, salah satunya! kecamatan sepulu, di desa Tanagurah Timur. Nanti bagaimana untuk penetapan penentuan ini. Disebutkan bahwa nama bacakades Sahrudin Hamin itu bisa dimasukin sebagai calon kepala desa Tanagurah Timur," tegas Hadi.

Menurut Hadi, surat rekomendasi itu diturunkan langsung oleh Bupati Bangkalan, yang disampaikan melalui Kecamatan Sepulu Bangkalan. Otomatis persyaratan administrasi Bacades Sahruddin Hamin dinyatakan lengkap dan sah. 

"Iya dinyatakan lengkap, sudah sah," pungkasnya.

Sementara, Kuasa hukum Sahruddin Hamin yaitu Hidayatullah Hamidi SH juga menerangkan sebelumnya terkait kedatangannya ke kantor kecamatan sepulu, tidak lain untuk mendesak Sub TFPKD Kecamatan Supulu Bangkalan.

"Saya selaku kuasa hukum Sahruddin hamin dan juga mewakili masyarakat pendukung Sahruddin hamin, ingin menyampaikan permintaan kami kepada sub TFPKD Kecamatan Supulu untuk menekan dan atau mengintruksikan kepada P2KD Tanagurah Timur untuk menetapkan Sahruddin hamin sebagai calon Kepala Desa Tanagurah Timur, berdasarkan surat rekomendasi dari plat Bupati Bangkalan Nomor : 400.10.2.2/141/433.031/2023," ujarnya.

Hidayat juga berharap ada respon dan pihak Camat dapat berlaku adil terhadap mekanisme pencalonan oleh tim P2KD bertindak tegas sesuai surat rekomendasi dari Bupati Bangkalan.

"Bahwa nantinya dalam penetapan calon Kades Tanagura Sepulu hingga pemilihan nantinya, tetap terjamin kondusifitas keamanan di desa Tanagurah Timur. Dan juga agar kondisi keamanan di desa tanagura timur aman dan kondusif," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, satu anggota P2KD Tanagura Timur, saat dikonfirmasi terkait persoalan persyaratan administrasi bakal Cakades Sahruddin Hamin yang dianggap tidak memenuhi syarat mengatakan belum ada pengguguran salah satu bakal Cakades Tanagura Timur. 

"Belum ada pengguguran," ujar Mahmudi selaku anggota P2KD Tanagura Timur, pada Jumat 24 Maret 2023 lalu.

Menurutnya, pihak P2KD Tanagurah Timur melakukan penetapan calon kades berdasarkan Peraturan Bangkalan (perbub) Nomor 51 tahun 2022. 

"Ya sesuai (perbub) lah, kalau gak sesuai kita gak berani, belum ada (penetapan), karena masih ada tahapannya lagi," tutupnya. (*)

Penulis: Jefri Yulianto 
Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Rekomendasi Perbub Dinyatakan Sah Untuk Menjalankan Mekanisme Cakades Sahrudin Hamin

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT