SUARA JATIM POST
Banner

Humas Kemenkes Bantah Terawan Terinfeksi Covid-19

JAKARTA - Beredarnya kabar Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto terinfeksi Covid-19 beredar. Namun kabar tersebut dibantah oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Widiyawati.

Widyawati memastikan Menkes Terawan dalam kondisi sehat dan masih melakukan aktivitas sebagaimana biasanya. "Bapak (Terawan) aktivitas rutin," ujar Widiyawati dikutip dari suara.com pada Minggu (1/11/2020). 

Diketahui Terawan terakhir kali terlihat di muka publik saat mengisi Seminar Nasional XII PERSI dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety pada Jumat (30/10/2020). 

Dalam acara tersebut, ia menyebut pandemi Covid masih cukup panjang. Sehingga para tenaga medis harus diberikan kekuatan agar bisa memberikan pelayanan kepada pasien.

Di acara tersebut Terawan meminta rumah sakit berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di masa pandemi Covid-19, dengan mengubah budaya kerja menuju adaptasi kebiasaan baru.

"Dalam menghadapi transisi menuju adaptasi kebiasaan baru, rumah sakit harus mampu memiliki budaya baru dengan melakukan perubahan pada sistem pelayanan sehingga mampu mengikuti perkembangan pada masa pandemi covid-19," kata Menkes.

Menurut Terawan, tuntutan perubahan budaya di rumah sakit dilakukan dengan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat di seluruh lingkungan rumah sakit, yakni penggunaan masker, jaga jarak fisik, dan menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun.

Selain itu, rumah sakit juga dituntut dalam mengimplementasikan pencegahan dan pengendalian infeksi secara ketat.

Apa Reaksi Anda?