Jumat, 29 September 2023
Peristiwa Daerah

Kesepakatan Bersama, Tugu Perguruan Silat di Jombang Mulai Dibongkar

profile
Tuhu Wijayanto

09 September 2023 10:00

1.5k dilihat
Kesepakatan Bersama, Tugu Perguruan Silat di Jombang Mulai Dibongkar
Para anggota perguruan silat merobohkan sendiri tugu perguruannya, sebagai wujud kerja sama dan dukungannya pada pemerintahan yang merupakan kesepakatan bersama (Foto : Tuhu/SJP) .

Kabupaten Jombang, SJP - Maraknya kasus kekerasan yang dilakukan oknum beratribut perguruan silat membuat masyarakat resah.

Beredarnya video dengan mengatasnamakan perguruan silat yang terkesan semena-mena dan kasus pengeroyokan, pemukulan, bahkan sweeping keramaian, konvoi, dan juga gesekan antar perguruan silat. 

Akibatnya, membuat para petinggi dan pengurus perguruan silat geram dan mengambil tindakan. Seperti halnya yang dilakukan pengurus perguruan silat Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI). 

"Apabila didapati anggota atau warga IKSPI yang terbukti melakukan tindakan kekerasan dengan unsur pidana, maka akan ditindak secara tegas, ini merupakan peringatan keras," tegas Atim pengurus Perguruan Silat IKSPI Jombang.

"Kalau masih saja nakal, kita akan keluarkan dari perguruan, dan tidak akan ada pertolongan apapun dari pihak perguruan, bila anggota yang terbukti bersalah, malah kita akan bantu para pihak yang berwajib untuk memprosesnya. Segala atribut berkaitan dengan perguruan akan diminta paksa dan keanggotaannya akan dihapus sampai pusat," sambungnya.

Selain itu, dari hasil kesepakatan bersama dewan pengurus perguruan silat, pemerintah daerah dan kepolisian, pihaknya memutuskan untuk membongkar tugu perguruan yang berdiri di tanah milik negara.

Bahkan, ada kompensasi hingga Rp 15 juta, dengan catatan pembongkaran dilakukan sebelum tanggal 20 September 2023.

Pembongkaran ini bertujuan untuk mengurangi konflik, gesekan antar para perguruan silat dan menciptakan suasana aman dan damai. 

"Semua harus legowo dengan keputusan ini. Jadi, semua ya harus mendukung segala keputusan pemerintah," terang Pak Atim.

Dikonfirmasi terpisah, pengurus perguruan silat juga menyampaikan keluh kesahnya, atas kejadian yang meresahkan seperti kekerasan, pengeroyokan, tawuran dan lainnya. Karena, itu bukanlah serta merta dilakukan oleh para anggota atau warga perguruan silat.

"Kita semua resah dengan kejadian itu, namun kita menghimbau para anggota dan berpesan pada masyarakat, seringkali oknum yang melakukan tindakan meresahkan tersebut bukanlah anggota kami," terang Daniawan salah satu pengurus perguruan silat.

Pihaknya menduga ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusak citra perguruan silat.

"Kebanyakan mereka adalah oknum tidak bertanggung jawab yang mengenakan atribut perguruan silat. Padahal mereka belum, bahkan tidak terdaftar dalam keanggotaan sebagai warga atau anggota sah," ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar tidak memandang perguruan silat dari satu sisi saja. Masyarakat harus objektif memandang perguruan silat.

"Tolong jangan memandang perguruan silat seperti kami ini, dengan pandangan yang buruk. Kami sepenuh hati meminta semua golongan masyarakat untuk bersinergi memberantas tindakan kejahatan yang mengatasnamakan perguruan silat," pesannya.

Daniawan menjelaskan, perguruan silat sejatinya adalah sebuah perkumpulan yang memiliki tujuan positif dan dirinya yakin, tidak ada perguruan silat yang mengajarkan hal-hal negatif.

"Tujuan utama perguruan, seperti kesehatan dan bela diri sebenarnya lebih diutamakan untuk pengendalian diri. Menciptakan tubuh yang sehat dan menumbuhkan kepercayaan diri agar lebih semangat untuk berprestasi, berkreasi, bekerja, serta memberi manfaat bagi negeri ini," terangnya. 

Oleh sebab itu, dirinya berpesan kepada semua anggota dan perguruan silat agar senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Mari kita wujudkan bersama kondisi yang damai. Kita bangun bersama negeri ini menjadi lebih baik. Tentunya bukan hanya perguruan silat saja, tapi kepada seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya. (*)

Pewarta : Tuhu Wijayanto
Editor : Queen Ve

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kesepakatan Bersama, Tugu Perguruan Silat di Jombang Mulai Dibongkar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT