Jumat, 22 September 2023
Pendidikan

PKKMB Untag Banyuwangi 2023: Ratusan Mahasiswa Baru Dibekali Pengetahuan Multifaset

profile
Ikhwan

10 September 2023 21:45

1.5k dilihat
PKKMB Untag Banyuwangi 2023: Ratusan Mahasiswa Baru Dibekali Pengetahuan Multifaset
Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto, menyematkan atribut PKKMB kepada perwakilan mahasiswa baru

Kabupaten Banyuwangi, SJP - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Banyuwangi baru saja menutup tirai kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023.

Ratusan mahasiswa baru telah mengikuti rangkaian kegiatan intensif selama 7-9 September 2023 dengan tema "Untag Muda: Beda, Kaya Karya, Menjadi Pemimpin Masa Depan."

Selama tiga hari, peserta PKKMB menerima berbagai materi, mulai dari perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0, pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di kampus, wawasan kebangsaan, hingga pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA).

Rektor Untag Banyuwangi, Andang Subaharianto, menekankan pentingnya PKKMB.

"Ini bertujuan untuk penguatan karakter mahasiswa dan agar mereka lebih cepat beradaptasi di kampus," ujarnya pada Ahad (10/9/2023).

Ia juga menyebut bahwa peserta PKKMB berasal dari berbagai pulau, termasuk Jawa Timur, Jawa Barat, dan Bali.

Dalam pesan inspiratifnya, Andang mendorong mahasiswa baru untuk mengejar prestasi di tingkat nasional dan internasional.

"Tatap masa depan dengan kepala tegak. Kalian adalah pemimpin masa depan," imbuhnya.

Malam inagurasi PKKMB dimeriahkan dengan kolaborasi UKM bidang seni, termasuk UKM Kepribadian dan UKM Tari, dengan pertunjukan "Puputan Bayu."

Acara tersebut semakin spesial dengan kehadiran 42 mahasiswa inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dari 22 Perguruan Tinggi luar Pulau Jawa dan 10 mahasiswa dari Universitas PGRI Argopuro Jember.

Tak ketinggalan, The DS Band, yang terdiri dari dosen Untag Banyuwangi, tampil memukau. Kehadiran artis/musisi lokal seperti Cici Viana dan Nova Asmara, serta kolaborasi dengan siswa SMK viral, Sinta Suryani, menambah semarak kemeriahan acara. (*)

Pewarta : Mohammad Ikhwan
Editor : Queen Ve

Tags
Anda Sedang Membaca:

PKKMB Untag Banyuwangi 2023: Ratusan Mahasiswa Baru Dibekali Pengetahuan Multifaset

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT