default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Mudahkan Pengelolaan Aset Irigasi, PUPR Jombang Gunakan Strategi e- PAKSI

Mudahkan Pengelolaan Aset Irigasi, PUPR Jombang Gunakan Strategi e- PAKSI
Peristiwa Daerah
Kegiatan Dinas PUPR saat melakukan kegiatan pengamanan aset (Dok, PUPR Jombang)

JOMBANG, - Dalam rangka mendukung Program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation (IPDMIP) pada Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan Pengelolaan Aset Irigasi dan Indeks Kinerja Irigasi (PAKSI).

Dalam pengelolaan irigasi diperlukan seperangkat tools yang dapat membantu proses pengumpulan data, survei dan analisis data.

Pada saat ini Direktorat Bina Operasi 
dan Pemeliharaan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah membangun suatu aplikasi untuk memudahkan pelaksanaan Pengelolaan Aset Irigasi (PAI) dan Penilaian Indeks Kinerja Sistem Irigasi (IKSI) yaitu Elektronik Pengelolaan Aset Irigasi dan Kinerja Sistem Irigasi (e-PAKSI).

Kegiatan IKSI dan e-PAKSI sudah pernah disosialisasikan dan dilakukan pelatihan pada pegawai di lingkup Dinas PUPR Kabupaten Jombang. 

Tujuan dari kegiatan ini untuk menyamakan persepsi terkait pelaksanaan PAKSI oleh
semua pihak baik Pemerintah, Konsultan, termasuk petugas operasi dan pemeliharaan juga P3A.

Imam Bustomi, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Jombang menerangkan bahwa kegiatan pakai dilakukan sembari bisa memantau aset pengairan yang ditangani Pemkab Jombang.

“Kegiatan PAKSI ini sudah mencapai tahap yang lebih baik karena saat ini 
sudah menggunakan Aplikasi e-PAKSI sehingga lebih mudah atau user friendly data yang diinput real maka dari itu dengan e-PAKSI dapat tercipta pengelolaan irigasi yang berkelanjutan dan banyak manfaatnya sehingga strategi penganan aset irigasi yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Jombang dapat dioptimalkan.” terangnya. Jumat(15/5/2020).

Aplikasi e-PAKSI merupakan aplikasi survei berbasis android yang digunakan untuk pengambilan data survey inventarisasi aset jaringan irigasi, aset non jaringan irigasi dan kinerja aset irigasi. 

Dijelaskan Bustomi, bahwa metodologi pelaksanaan diawali dengan penelusuran update PAI dan IKSI kemudian dilakukan pengeditan di web editing, tiap melakukan penelusuran diharuskan membawa skema jaringan untuk memudahkan penelusuran 
(tracking di lapangan).

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat mempraktekan aplikasi e- PAKSI ini pada Dinas PUPR Kabupaten Jombang terutama untuk petugas operasi dan pemeliharaan yang ada di lapangan," ungkapnya.


Kontributor : Hariyanto
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar