default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Gandeng Masyarakat, KPM Posko 1 IAIN Madura Lestarikan Budaya Musik Gamelan

Gandeng Masyarakat, KPM Posko 1 IAIN Madura Lestarikan Budaya Musik Gamelan
Suara Pembaca
Gandeng Masyarakat, KPM Posko 1 IAIN Madura Lestarikan Budaya Musik Gamelan
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PAMEKASAN - Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Posko 1 IAIN Madura mengajak 'Grop Pemuda Bullshit' dan Perangkat Desa Taraban, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, melestarikan budaya musik Gamalan, Sabtu malam (20/7/2019).

Grop Bullshit ini merupakan kumpulan dari kalangan muda-mudi pelaku seni tradisional. Uniknya para pelaku seni tradisional ini para seniman penabuh Gendang, Gong, Terompet dan Kenong. 

Kegiatan yang dilaksanakan pukul 20.00 WIB di kediaman Kepala Desa Taraban itu berhasil memukau penonton di malam Minggu penuh kebahagiaan itu.

Selain untuk melestarikan budaya permusikan, KPM Posko 1 IAIN Madura bersama perangkat Desa Taraban dan grop pemuda Bullshit sepakat memanfaatkan moment tersebut sebagai melatih diri untuk mempersiapkan acara 17 Agustus nanti.

Mereka mempersiapkan diri ikut andil memeriahkan perayaan 17 Agustus.

Koordinator Desa (Kordes) KPM Posko 1 IAIN Madura, Ahmad Jalaluddin Faisol dalam sambutannya menuturkan, banyak-banyak terimakasih kepada masyarakat yang sudah antusias mendukung program kerjanya.

"Terimakasih banyak Kepala Desa Taraban, Carek (Sekretaris), perangkat desa dan seluruh masyarakat Desa Taraban yang sudi membantu dan mendukung ke 41 program kerja. Meski sejumlah proker lainnya masih tahap pekerjaan," kata Faisol.

Dikatakan Faisol, dengan adanya pagelaran ini dapat menghibur masyarakat dan dapat melestarikan kreatifitas seni musik Gamelan di Desa Taraban.

"Mari kita latih bersama anak didik kita ini agar tidak menghilangkan tradisi nenek moyang kita. Seni musik ini perlu kita lestarikan bersama," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Taraban, Mulyadi menuturkan, pagelaran seni musik ini sebagai bentuk menumbuh kembangkan muda-mudi di Desa Taraban.

"Dengan adanya pagelaran musik Gamelan ini dapat mengingatkan anak-anak bangsa ini cinta akan seni dan budaya," ucap Mulyadi.

Dengan begitu, kata Mulyadi, kita dapat merangkul dan mengarahkan muda-mudi Desa Taraban ke hal-hal yang positif.


Kontributor : Faisol Jalaludin
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar