default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pemkab Probolinggo Apresiasi Pelaksanaan CSR

Pemkab Probolinggo Apresiasi Pelaksanaan CSR
Ekonomi
Foto bersama CSR Award dari Pemkab Probolinggo
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

PROBOLINGGO - Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar puncak penganugerahan CSR (Corporate Social Responsibility).

Bekerjasama dengan Forum Komunikasi Tanggungjawab Sosial Perusahaan (FKTSP) Kabupaten Probolinggo di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo.

CSR Award 2019 ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua FKTSP Provinsi Jawa Timur dan perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Dewan Pertimbangan Kadinda Kabupaten Probolinggo Cipto Santosa, Ketua FKTSP Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, pemimpin perusahaan di Kabupaten Probolinggo, HIPMI Kabupaten Probolinggo serta Kepala Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Sebelum puncak penganugerahan CSR Award 2019, terlebih dahulu dilaksanakan dialog diskusi mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan menghadirkan narasumber Dewan Pertimbangan Kadinda Kabupaten Probolinggo Cipto Santoso, Ketua FKTSP Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko dan Bachtiar Fitanto dari Universitas Brawijaya Malang dengan moderator Yulistina Widiarningrum dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandingan Kabupaten Probolinggo.

Ketua FKTSP Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo menyampaikan tim survey dalam penilaian CSR Award 2019 ini terdiri dari Bachtiar Fitanto dari Universitas Brawijaya Malang, Dina Limanto dari Program Kinerja Asian Development Bank (ADB) serta HA Suyuti selaku CEO Jawa Pos Radar Bromo.

“Tim survey ini melaksanakan pendalaman administratif, wawancara dan kunjungan silaturahim sebagai tahapan penting dari penghormatan dan penghargaan Pemkab Probolinggo terhadap manajemen perusahaan yang telah mengimplementasikan program-program CSR dengan tulus ikhlas,” ungkapnya.

Sugeng menerangkan dari hasil silaturahim tersebut maka pihaknya mencatat banyak sekali program-program CSR yang menginspirasi, mengedukasi dan memberdayakan masyarakat. “CSR Award 2019 ini dilaksanakan sebagai wujud penghormatan dan penghargaan atas inisiatif, kreativitas dan inovasi program-program CSR,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa berbicara CSR perusahaan adalah berbicara mengenai tangggung jawab sosial bagaimana menjalin komunimasi yang baik antara Pemerintah Daerah dengan perusahaan yang akan berdampak baik bagi Pemerintah Daerah.

“Kita sebagaimana manusia ingin berbuat sesuatu yang terbaik yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo. Kehadiran CSR perusahaan sangat dirasakan oleh masyarakat melalui program-program yang dilakukannya,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, kegiatan CSR Award 2019 ini merupakan upaya dari Pemerintah Daerah untuk mengapresiasi atas kesenangan dan program yang sudah dilakukan oleh CSR perusahaan bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo. Harapannya tentu ke depan ada inovasi atau kegiatan yang terus berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita berharap inovasi yang sudah ditelurkan dan digagas oleh CSR perusahaan bagi masyarakat terus ditingkatkan. Terutama program yang menyentuh sektor pendidikan, kesehatan dan potensi alamnya. Sebab selama ini perusahaan sudah memikirkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Wabup Timbul menegaskan butuh keberanian untuk terus meningkatkan program CSR perusahaan bagi masyarakat. “Mari bersama-sama melihat potensi yang ada di Kabupaten Probolinggo baik yang sudah maksimal maupun belum maksimal,” tegasnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul menjelaskan Pemerintah Daerah masih butuh uluran tangan dari CSR perusahaan bagaimana membangun Kabupaten Probolinggo yang lebih baik. Apalagi selama ini, perusahaan aman berinvestasi dan berusaha di Kabupaten Probolinggo.

“Insya Allah kami akan terus memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo, sehingga bisa bekerja secara maksimal dan pengabdiannya akan lebih maksinal. Kegiatan ini sungguh luar biasa dan ini bentuk pengakuan Pemerintah Daerah terhadap keberlangsungan CSR perusahaan yang dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Selanjutnya dilakukan penganugerahan CSR Award 2019 “Anucara Hati” Kabupaten Probolinggo (trophy dan piagam penghargaan). Untuk penghargaan Adiniroga Kategori Health Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Kesehatan) diberikan kepada RS Graha Sehat Kraksaan dan penghargaan Adiparahita Kategori Local Economic Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Pengembangan Ekonomi Lokal) diberikan kepada PT. PJB UP Paiton dan PT. Suryajaya Abadiperkasa.
Selanjutnya penghargaan Adinityasa Kategori Nature Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Hidup) diberikan kepada PT. PJB UBJ O & M PLTU Paiton, penghargaan Adiniwasika Kategori Poverty Alleviation Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Pengentasan Kemiskinan) diberikan kepada BANK Jatim Cabang Kraksaan, PT. Cendana Putra Nusantara dan PG Padjarakan-PTPN XI dan penghargaan Adiniscita Kategori SMEs Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Pengembangan UMKM) diberikan kepada PT. Paiton Energy-PT POMI, PT. HM Sampoerna, Tbk dan PT. Sasa Inti.

Terakhir, penghargaan Adinirwasita Kategori Education Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Pendidikan) diberikan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Probolinggo, penghargaan Adinarma Kategori Tourism Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Pariwisata) diberikan kepada PT PJB UP Paiton dan penghargaan Adimarga Kategori Infrastructure Responsibility Award (Bidang Tanggung Jawab Sosial Infrastruktur) diberikan kepada PT. Charoen Pokphand Jaya Farm.
Dalam kesempatan tersebut juga diberikan piagam penghargaan kepada perusahaan 14 perusahaan. Yakni, PT. Jawa Power-PT. YTL Jawa Timur, PT. Pelindo III Pelabuhan Probolinggo, PG Gending-PTPN XI, PT Bank Bukopin Tbk, PT. Gudang Garam Tbk, PT. PLN UP3 Pasuruan, PT. Indomarco Prismatama Jember, PT. Malindo Probolinggo 3, PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT. Era Cipta Prima, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, PT. Kutai Timber Indonesia serta PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.


Kontributor : Ubaidillah
Editor : Sutrisno
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar