SUARA JATIM POST
Banner

Cara Unik Satlantas Polres Trenggalek Kampanye Penggunaan Masker

TRENGGALEK – Cara unik dilakukan jajaran Satlantas Polres Trenggalek dalam mengkampanyekan pemakaian masker. Pemakaian masker yang menjadi bagian dari protokol kesehatan Covid-19 ini menggandeng komunitas truk dan angkutan umum. Melalui kedua kelompok tersebut kepolisian mengajak masyarakat untuk patuh dalam penggunaan masker guna mencegah penyebaran Covid-19.

 

Tampak sejumlah truk yang ditempeli stiker ‘ayo pakai masker’ di bagian belakang. Stiker ini terlihat jelas mengingatkan sesama pengemudi di belakangnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar menuturkan, ide menggandeng para komunitas pengemudi tersebut berawal dari mobilitas kendaraan yang terbilang cukup tinggi. Tak hanya di seputaran Trenggalek, bahkan kendaraan truk saat membawa muatan ekonomis berupa sayur mayur maupun logistik lainnya, bisa menjangkau lintas kota atau provinsi. Demikian pula kendaraan umum seperti MPU dan bus dimana trayek yang dilalui adalah lintas kecamatan dan kota.

 

“Kami sengaja merangkul para pengemudi agar ikut ambil bagian dari kampanye protokol kesehatan. Selain menjadikan para pengemudi ini pelopor keselamatan berlalu lintas sekaligus agen perubahan dan teladan adaptasi kebiasaan baru, yakni dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujar AKP Randy pada Minggu (27/9/2020).

 

“Seluruh kendaraan operasional Satlantas juga kita pasang stiker yang sama, berisi ajakan pakai masker dan patuh protokol kesehatan,” tambahnya.

 

Perwira menengah alumni Akpol tahun 2010 ini menegaskan, dengan pelibatan komunitas pengemudi ini diharapkan dapat semakin meningkatkan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal ini demi memutus mata rantai Covid-19 sebagaimana diatur dalam Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan Perda Kabupaten Trenggalek nomor 31 tahun 2020.

 

“Covid-19 ini bisa dicegah dengan komitmen kuat kita bersama mematuhi protokol kesehatan. Termasuk peran dari para pengemudi. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman.” Imbuhnya.

 

Lebih lanjut, AKP Randy menuturkan, pemasangan stiker ajakan pakai masker ini akan terus dikembangkan dengan melibatkan komunitas lainnya seperti komunitas becak, ojek dan lain-lain." pungkasnya. (Tatang)

Apa Reaksi Anda?