Unik, Jemaat Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi Surabaya Rayakan Paskah dengan Lomba Bernuansa Kekeluargaan

Tujuan dari digelarnya perlombaan unik tersebut yakni untuk menumbuhkan rasa saling bantu, kerjasama, persekutuan hingga akhirnya peserta busa saling mengenal.

31 Mar 2024 - 18:00
Unik, Jemaat Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi Surabaya Rayakan Paskah dengan Lomba Bernuansa Kekeluargaan
Momen kemeriahan perayaan hari Paskah di Gereja ST. Yohanes Pemandi Surabaya (Ryan/SJP)

Surabaya, SJP - Perayaan hari Paskah atau hari kebangkitan Yesus Kristus di Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi (Yopem) Surabaya, berlangsung khusyuk dan semarak, dengan diwarnai serangkaian kegiatan lomba bertemakan kekeluargaan.

RD. Vibcentius Harjanto Prajitno selaku Romo Kepala Paroki menjelaskan, kegiatan hari raya paskah di Gereja Yopem Surabaya pada hari Minggu diisi dengan Ekaristi (Perjamuan Kudus) dan dilanjutkan dengan perlombaan yabg digelar di lapangan Gereja, tepatnya di Jalan Gadung No.15, Jagir, Surabaya.

"Perlombaan dibagi menjadi 2, khusus anak-anak ada lomba mengupas telur dan mencari telur, kemudian yang spesial juga ada lomba menghias kue tart yang menarik karena sifatnya kekeluargaan," terang Harjanto, Minggu (31/3/2024).

"Keluarga artinya perlingkungan, yang terdiri dari Bapak, Ibu dan anak, dimana bapak ibunya adalah pasutri dan anaknya adalah anggota lingkungan yang bukan sedarah," tambahnya.

Dirinya menjelaskan bahwa tujuan dari digelarnya perlombaan unik tersebut yakni untuk menumbuhkan rasa saling bantu, kerjasama, persekutuan hingga akhirnya peserta busa saling mengenal.

"Harapan terbesar kami adalah membangun persekutuan dari tingkat lingkungan dan juga untuk kaderisasi," harap Harjanto.

"Kaderisasi yang dimaksud itu supaya ada regenerasi, khususnya untuk para remaja dan anak muda agar terbiasa dan mau terlibat di gereja," tandasnya.

Perlombaan anak sendiri diikuti lebih dari 20 anak, sedangkan lomba menghias kue tart diikuti hingga 20 lingkungan yang di tiap lingkungan beranggotakan 3-4 peserta.

Tim Suarajatimpost.com sempat mewawancarai salah satu anak yang mengikuti lomba kupas telur, yakni Sarajena yang mengungkapkan rasa senangnya setelah berhasil mengupas telur dengan cepat.

"Saya ikut lomba telur, telurnya dilepas," ucap dengan lugu.

Usai kegiatan, para Romo Gereja ST. Yohanes Pemandi juga mengucapkan Selamat Hari Paskah untuk seluruh umat Katolik khususnya keuskupan di daerah Jawa Timur dan Surabaya. (*)

Editor: Rizqi ArdianĀ 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow