default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Gandeng PKPS, GenBI Jember Olah Sampah Organik jadi Pupuk Kompos

Gandeng PKPS, GenBI Jember Olah Sampah Organik jadi Pupuk Kompos
Edukasi
Proses pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos yang dilakukan GenBI Jember. (Foto: Istimewa)

JEMBER - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk mengurangi volume sampah sekitar.

Meski situasi new normal mereka tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menggandeng PKPS (Primer Koperasi Pengelola Sampah) Kabupaten Jember. Program pelatihan kompos dilakukan di Kampung Recycle, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Sabtu (11/7/2020).

Para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) ini dilatih langsung oleh Manajer Pupuk Suburganik PKPS Jember, Rohman Abadi dengan memberikan edukasi kepada anggota GenBI Jember tentang pengolahan pupuk kompos.

"Hal ini merupakan salah satu langkah konkret dalam menekan biaya produksi pertanian dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Khususnya sampah organik yang selama ini sering kita jumpai. Jika diolah dengan benar sampah-sampah itu akan memberi nilai manfaat bahkan nilai ekonomis," kata Nazar, Team Leader program kerja GenBI Peduli Sampah.

Nazar menerangkan, metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pemberian materi dan demonstrasi tentang bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kompos, selanjutnya peserta diminta untuk mengumpulkan daun kering di sekitar tempat kegiatan yang kemudian diolah menjadi kompos. Setelah kompos sudah jadi, kompos tersebut akan dipindahkan ke media tanam.

“Dengan adanya kegiatan ini anggota GenBI Jember akan paham tentang recycle activities yang perlu digiatkan serta hidup yang ramah lingkungan. Kegiatan ini juga meningkatkan skill anggota GenBI dalam mengelola sampah organik untuk diubah menjadi pupuk kompos,” tutupnya.


Kontributor : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar