default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Pandemi Covid-19, Ibadah Gereja di Situbondo Digelar Secara Online

Pandemi Covid-19, Ibadah Gereja di Situbondo Digelar Secara Online
Religi
GKJW Ranurejo, Situbondo laksanakan ibadah secara online

SITUBONDO - Ibadah Jumat Agung dan Paskah ditengah pandemi Covid - 19, umat Kristen di Situbondo, berbeda dari tahun sebelumnya, ibadah tahun ini dilaksanakan secara online, Jumat (10/4/2020).

Hermas Tribaskoro (30) salah satu jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Ranurejo, Sumberanyar, Banyuputih, Situbondo mengatakan, bukan hanya ibadah Jumat Agung kali ini saja, jemaat ibadah di rumah masing masing secara online, namun sejak keputusan pemerintah tanggal 16 Maret 2020 kemarin.

"Ibadah kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dan dilaksanakan secara online sesuai himbauan dari pemerintah, dan sudah dilaksanakan satu bulan yang lalu, Para jemaat menggunakan streaming online dari rumah masing-masing. Dari ibadah kamis putih kemarin, hari ini jumat agung dan besok lusa hari Minggu ibadah Paskah," jelasnya.

Dia menuturkan, ibadah hari ini jemaat melaksanakan ibadah secara online dalam rangka Perjamuan Kudus Jumat Agung.

"Dalam ibadah tersebut jemaat gereja melakukan perjamuan kudus, dengan memakan roti dan minum anggur sebagai simbol atas kematian Tuhan Yesus Kristus di Kayu Salib dalam rangka penebusan dosa manusia," tutunya.

Hermas menambahkan, sebelum Jumat Agung, minuman anggur dan roti tersebut sudah disediakan oleh gereja. Kedua simbol tersebut diberikan kepada para jemaat sebelum pelaksanaan ibadah.

"Kemarin petugas dari gereja sudah membagikan anggur dan roti tersebut kepada seluruh jemaat GKJW Ranurejo dirumah masing masing," Imbuhnya.

Ibadah tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, kami yang biasanya ke Gereja bersama keluarga dan kali ini di laksanakan secara online dan dirumah saja.

Namun meskipun ibadah dilaksanakan secara online kami bersama keluarga tetap khidmat dan tidak mengurangi kekusyukan saat melaksanakan ibadah Jumat Agung dari rumah, semoga Covid - 19 segera bisa diatasi dan bisa berlalu dari Indonesia," pungkasnya.


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar