SUARA JATIM POST
Banner

Simulasi Pencoblosan dengan Penerapan Prokes Digelar KPU Mojokerto

MOJOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto melakukan simulasi pemungutan, penghituangan suara, dan sistem informasi rekapitulasi jelang Pilkada serentak. Simulasi yang dilakukan di Taman Anggrek, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, pada Sabtu (21/11/2020) ini melibatkan semua PPK dan petugas KPPS dari 18 Kecamatan, serta 300 relawan pemilih dari masyarakat setempat.

 

KPU Ingin mematangkan dan memastikan pemungutan suara pada 9 Desember 2020, termasuk simulasi bagaimana penerapan protokol kesehatan Covid-19 bagi pemilih maupun petugas.

 

Pada simulasi kali ini diperlihatkan bagaimana petugas TPS harus menjalankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, mulai dari pengaturan jaga jarak, pemyemprotan disinfektan bilik suara, penyediaan handsanitizer serta pemakaiaan masker.

 

Selanjutnya bagaimana skema pemilih saat memasuki TPS dengan mencuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh. Lalu pemilih dengan membawa form C pemberitahuan  menandatangani daftar hadir. Namum sebelum itu pemilih memakai sarung tangan sekali pakai, tujuannya menghindari kontak fisik.

 

Termasuk penanganan bila ada pemilih yang tiba - tiba jatuh. Bahkan dalam simulasi digambarkan bagaimana jika ada pemilih yang sakit atau tiba-tiba pingsan, petugas akan mengambil langkah di lapangan untuk menangani.

 

Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Zainul Arifin menyatakan, simulasi ini untuk memberikan gambaran, mematangkan serta mengedukasi semua petugas KPU. Hal ini supaya petugas lebih paham dan siap dalam menjalankan tugasnya rangkaian pemungutan suara, dengan tetap memastikan Prokes Covid-19 berjalan.

 

"Simulasi ini mematangkan persiapan coblosan yang tinggal menghitung hari. Coblosan tahun ini, sangat berbeda dengan tahun tahun kemarin. Karena masih pandemi covid 19, semua petugas KPU dan para pemilih harus mentaati protokol kesehatan covid 19. Sehingga, pada coblosan 9 desember nanti dapat berjalan dengan aman, nyaman dan sukses," tukasnya. (Andy)

 

Apa Reaksi Anda?