SUARA JATIM POST
Banner

KPU Kabupaten Mojokerto Angkat Bicara Mengenai Kritikan JPPR

 MOJOKERTO – KPU Kabupaten Mojokerto angkat bicara mengenai kritikan dari Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR). Melalui Komisioner KPU Achmad Arif dirinya hanya bercanda dan tak menyadari bila pihaknya dimintai keterangan untuk wawancara.

 

“Seperti itu normatifnya. Kemudian guyon -guyon dari wawancara itu, terlontarlah seperti itu. Besok calonnya tiga, ya tiga tidak mungkin empat, wong yang daftar cuman tiga. Itu sebenarnya guyon, kemudian itu ditulis, lha ini kan saya jadi terenyuh,” ucap Achmad Arif saat dikonfirmasi suarjatimpost.com, pada Rabu (23/9/2020).

 

"Pleno baru hari ini, jadi tidak mungkin saya mendahuluinya. JPPR ngomong gitu dan tidak pernah klarifikasi kepada kami, utamanya ke saya terkait itu. Biasanya tanya dulu kan benar gak pernyataan di media itu. Barulah menyampaikan pernyataannya di media, itu lebih elegan," imbuhnya.

 

Dirinya menambahkan bila pihaknya telah melakukan penelitian terhadap berkas – berkas syarat perbaikan tiga calon kepala daerah di Kabupaten Mojokerto.

 

"Kemarin habis rakor bersama dengan tim kampanye, teman-teman media minta rilis terkait persiapan penetapan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Mojokerto. Kemudian saya sampaikan bahwa kita sudah melakukan penelitian terhadap berkas syarat calon perbaikan," pungkasnya.

 

Sebelumnya, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menyampaikan kritikan jelang Penetapan Bapaslon Mojokerto oleh KPU secara tertutup. Kritikan akibat adanya pernyataan seorang komisioner KPU Kabupaten Mojokerto yang menyebut tiga bakal Paslon telah lolos persyaratan.

 

Sementara itu, berdasarkan rapat pleno tertutup yang berlangsung selama 3 jam dari pukul 09.30-12.30 WIB, Rabu (23/9/2020l) KPU menetapkan tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) yaitu Yoko Priyono-Choirunnisa, Ikfina Fahmawati-Muhammad Al-Barra, dan Pungkasiadi-Titik Masudah menjadi Pasangan Calon (Paslon). Ini tertuang dalam Surata Keputusan KPU Kabupaten Mojokerto Nomor 308/PL.02.3-Kpt/3516/KPU-Kab/IX/2020.

Apa Reaksi Anda?