SUARA JATIM POST
Banner

Hari Raya Kuningan Tiba, Umat Hindu Jember Doakan Indonesia Bebas Pandemi Covid-19

JEMBER - Umat Hindu di Kabupaten Jember merayakan hari raya kuningan yang jatuh pada Sabtu (26/9/2020). Perayaan sederhana digelar di Pura Swasti Dharma Sukoreno, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember.

Perayaan Kuningan kali ini jatuh pada hari Saniscara atau Sabtu kliwon, pada wuku kuningan. Ritual hari raya kuningan sendiri dilaksanakan setiap 210 hari, menggunakan perhitungan kalender Bali.

Tampak para umat hindu yang dipimpin tiga mangku adat, yaitu mangku sudarmanik, mangku dharman dan mangku ngatimo, menjalani upacara hari raya kuningan.

Sekretaris PHDI Kecamatan Umbulsari
Wahyu Widodo menyampaikan, seluruh umat hindu yang berada di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari melakukan perayaan persembahyangan dalam merayakan hari raya kuningan.

"kami umat hindu yang ada di Desa Sukoreno, Umbulsari melaksanakan persembayangan hari raya kuningan, yang mana untuk mengaturkan bakti dan sembah terhadap gusti yang diwaksa sebagai maha kuasa, kepada kita semuanya agar di jauhkan dari malapetaka bencana dan balak serta Pandemi Covid-19 juga lekas pergi," ujar Wahyu Widodo.

Rangkaian pelaksanaan upacara hari raya kuningan sendiri, lanjut Wahyu Widodo merupakan rangkaian dari Hari Raya Galungan, yang terlebih dahulu dirayakan.

"Hari Raya Kuningan berasal dari kata “kauningan” yang artinya mencapai peningkatan spiritual dengan cara introspeksi diri agar terhindar dari mara bahaya," bebernya.

Dirinya juga mengungkapkan, jika dalam perayaan hari kuningan ini, umat hindu juga aturkan bakti kepada leluhurnya sebagai wujud syukur atas tuntunannya sehari – hari.

“Dan kami juga tidak lupa, bahwa umat hindu juga selalu mangaturkan puja bakti terhadap leluhur yang selalu menuntun kebaikan dan kebajikan didalam perbuatan sehari – hari,” tuturnya.

Oleh karena itu, Dirinya berharap, Pada Hari raya Kuningan umat agama Hindu memberikan persembahan kepada para leluhur, memohon kemakmuran, perlindungan, keselamatan dan juga tuntunan ke hadapan Sang Hyang Widi Wasa.

“Mudah – mudahan dihari raya kuningan umat hindu dan seluruh alam semesta selalu dilindungi oleh para leluhur dan Sang Hyang Widi Wasa, semoga selamat dan bebas dari Covid-19 bangsa Indonesia baik, penuh dharma dan kebaikan di 2020 ini,” pungkasnya.

Apa Reaksi Anda?