SUARA JATIM POST
Banner

Operasi Yustisi di Situbondo, 36 Pelanggar Tidak Pakai Masker Disidang Ditempat

SITUBONDO, - Operasi Yustisi hari kedua yang bertempat di jalan raya depan Mapolres Situbondo, Jawa Timur, petugas gabungan tindak 36 warga yang melanggar tidak memakai masker saat beraktifitas diluar rumah disidang di tempat, Selasa (15/9/2020).

Pelaksanaan Operasi Yustisi tersebut digelar, dalam rangka pendisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan terutama penggunaan masker untuk mencegah Covid-19. Giat tersebut akan terus dilakukan oleh perosnil gabungan.

Dalam pelaksanaan giat yang dipimpin oleh Kasat Lantas AKP Indah Citra Fitriani bersama Kasat Sabhara AKP Hasanudin, petugas menerjunkan personil gabungan, masing masing dari Polres 40 perosonil, Kodim 15 personil, Satpol PP 25 personil serta Panitera dan Hakim, untuk warga yang  melanggar langsung diproses dan disidang ditempat.

Kasat Lantas AKP Indah Citra Fitriani menyampaikan, untuk saat ini tindakan atau sangsi masih sebatas pembinaan dan pendataan. Namun, apabila masih tetap melanggar tidak memakai masker maka akan diberikan sangsi sesuai dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 atau Perbup Nomor 45 Tahun 2020. Selain pembinaan, petugas juga memberikan masker gratis bagi warga yang terjaring razia.

"Kami menekankan agar masyarakat saat beraktifitas diluar rumah, wajib memakai masker. Tujuan operasi ini adalah, demi keselamatan dan kesehatan masyarakat dengan mendisiplinkan penggunaan masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan harapan tidak ada lagi penularan Covid-19 khususnya di wilayah hukum Kabupaten Situbondo,“ucapnya.

Dia menambahkan, di hari kedua pelaksanaan operasi Yustisi personil gabungan berhasil menjaring 36 orang warga yang tidak menggunakan masker, setelah sebelumnya hari pertama kemarin sebanyak 38 warga yang terjaring.

"Semua pelanggar yang terjaring tersebut langsung mengikuti sidang ditempat, dengan sangsi berupa membuat surat pernyataan, pembinaan, ikut dalam kegiatan sosial membagikan masker, membersihkan sampah serta menyapu jalan,"pungkas AKP Indah Citra Fitriani. 

Apa Reaksi Anda?