SUARA JATIM POST
Banner

Perjuangan PMI Kabupaten Jember Lawan Covid-19 di Usianya ke 75 Tahun

JEMBER – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember merayakan usianya yang genap berusia 75 tahun di kesibukannya melakukan kegiatan kemanusiaan. Kegiatan PMI ini bahkan bertambah seiring merebaknya pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember pada khususnya.

 

Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki memastikan pihaknya tetap akan berperan aktif membantu pemerintah dalam pemberantasan Covid-19. PMI melakukan penyemprotan ke sejumlah tempat – tempat umum, mulai dari jalan, warga, pasar, masjid, hingga taman – taman publik.

 

“Kita aktif melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum atau rumah warga,” ucap Zaenal.


PMI Kabupaten Jember lanjut Zaenal, juga membagikan masker, hand sanitizer ke kantor kantor, dan instansi pemerintahan lainnya.

 

“Relawan PMI juga aktif  melakukan sosialisasi melalui program promosi kesehatan. Relawan bersama tim promkes Klinik PMI di Jubung aktif keliling kecamatan, pasar pasar tradisional sosialisasi pentingnya pakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan untuk mencegah penularan virus korona, ratusan Hand Sprayer juga dibagikan ke seluruh pondok pesantren se-kabupaten Jember,” paparnya.

 

Menariknya, petugas dari PMI Kabupaten Jember juga terlibat aktif dalam pengantaran dan pemakaman puluhan jenazah Covid-19 dengan protokol kesehatan.

 

”Jenazah yang diantarkan 64 jenazah yang dimakamkan sesuai protokol kesehatan, jenazah tersebut banyak yang positif Covid 19 maupun suspek ada yang OPD, ODR, PDP. Pemakaman dengan protokol kesehatan, tim relawan PMI pakai APD lengkap,” terangnya.

 

Di hari ulang tahunnya yang ke-75 ini, PMI Kabupaten Jember merayakannya dengan sederhan di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 petugas PMI melakukan upacara pada Kamis pagi (17/9/2020).

“Perayaan HUT PMI ke 75 tahun ini, tepatnya hari ini dilakukan sederhana dengan upacara di markas PMI,” tutupnya. 

Apa Reaksi Anda?