SUARA JATIM POST
Banner

Sempat Terjadi Penolakan, Jenazah Pasien Covid-19 Akhirnya Bisa Dimakamkan

JEMBER - Jenazah pasien Covid-19 di Dusun Gumukbago, Desa Nogosari, Rambipuji, akhirnya berhasil dikebumikan setelah sempat  mendapat penolakan dari warga. Jenazah dikebumikan di pemakaman umum yang sebelumnya digali warga, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan pengawasan Muspika Rambipuji. 

Muspika Rambipuji sendiri turun tangan meyakinkan warga yang sebelumnya menolak dan melakukan pembongkaran makam. 

Namun di pemakaman kali ini sekelilingnya dipasang kain hijau guna menjaga kesopanan. Tampak dari kejauhan tim pemakaman menggunakan alat pelindung diri (APD) level 1 mengenakan hazmat saat memakamkan jenazah tersebut. 

"Proses pemakaman secara protokol Covid-19 Alhamdulillah dapat berlangsung lancar dan setelah diberi pengertian dan pemahaman bersama Muspika warga dapat menerima dengan lapang dada," ujar Kapolsek Rambipuji AKP Hari Pamuji saat dikonfirmasi usai pemakaman, Selasa sore (29/9/2020). 

Hari menambahkan, proses mediasi dan komunikasi dilakukan di rumah salah seorang warga sehingga pasien Covid-19 tersebut bisa dimakamkan secara protokol kesehatan Covid-19. Kemudian pihak keluarga juga dengan ikhlas menerima jika jenazah dimakamkan secara protokol Covid-19.

"Warga dapat menerima, karena kondisi jenazah hasil swab test positif, setelah dilakukan pemeriksaan sebanyak dua kali," ucapnya. 

Akan tetapi perihal adanya dugaan warga yang diduga membuat onar dan memprovokasi terjadinya penolakan pemakaman dengan protokol Covid-19. 

"Tidak dilakukan pengamanan atau penangkapan, kita lakukan pendekatan persuasif. Kemudian memberikan pemahaman, akhirnya mau menyadari dan memahami dan prosesi pemakaman berjalan lancar dan selesai dengan baik," ungkapnya.

Pantauan awak media di rumah duka, diketahui jenazah warga tersebut berjenis kelamin perempuan dengan umur sekitar 42 tahun. Sebelum dimakamkan, jenazah yang diantarkan dari Rumah Sakit Umum Kaliwates itu disalatkan terlebih dahulu oleh pihak keluarga dan sejumlah warga di teras depan rumah.

Kemudian setelah itu, dengan menggunakan mobil ambulans dari PMI Jember diantarkan ke pemakaman umum setempat dan dibantu proses pemakamannya oleh petugas dari TRC BPBD Kabupaten Jember.(Ema Wasta)


Apa Reaksi Anda?