default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

DPRD Trenggalek Sahkan Enam Raperda 

DPRD Trenggalek Sahkan Enam Raperda 
Peristiwa Daerah
Rapat Paripurna DPRD Trenggalek

TRENGGALEK - DPRD Trenggalek menggelar sidang paripurna persetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), menjadi Peraturan Daerah (Perda), dan mengesahkan nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati, terhadap APBD tahun 2019 bertempat di Graha Paripurna. 

Samsul Anam Ketua DPRD Trenggalek mengatakan, sidang Paripurna kali ini terdapat dua agenda. Yakni persetujuan enam Raperda menjadi Perda, dan pengesahan nota LKPJ Bupati Trenggalek tahun 2019. 

Raperda tersebut seperti Raperda tentang kemajuan kebudayaan, Kemiskinan dan empat Raperda lainnya. Sedangkan untuk nota bupati tentang pertanggungjawaban APBD tahun 2019, enam bulan usai berakhirnya tahun anggaran harus segera disahkan, dengan syarat menunggu Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

"Karena terkendala wabah pandemi Covid-19, maka dalam pengesahan ini terjadi kemunduran, namun mendapat
predikat WTP, " kata Samsul. 

Sementara Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menjelaskan, ada enam Perda yang telah disahkan. seperti Perda perlindungan petani, Kemiskinan, pendapatan lain yang sah, Kemajuan Budaya serta ada beberapa Perda lainnya. 

Sedang untuk LKPJ juga telah disampaikan bahwa, pengesahan ini menunggu audit BPK. Dan hasilnya dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

"Selain itu juga telah kita sampaikan tentang Pendapatan serta Realisasi. Namun semua tidak ada permasalahan apapun," tutur Arifin.

Arifin juga menerangkan jika terdapat anggaran yang tidak terserap. Seperti anggaran pembangunan pasar pon. Diawal rencana pembangunan tersebut menggunakan anggaran APBD, namun ternyata mendapat anggaran dari APBN. 

Jadi anggaran yang disiapkan dari APBD tidak terserap. Maka anggaran yang tidak terserap itu bukan karena pemerintah tidak bekerja, namun adanya peralihan saja.

"Selain itu juga kita sampaikan adanya peralihan Jamkesda ke BPJS, serta dilakukan verifikasi data," pungkasnya.


Kontributor : Redaksi
Editor : Mu'ezul Khoir
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar