Jumat, 22 September 2023
Peristiwa Internasional

Lantik Pengurus Cabang Istimewa Muslimat NU Inggris Raya, Khofifah: Jangan Lupakan Empat Pondasi Nahdlatul Ulama

profile
Ratna Satyavati

30 Agustus 2023 22:15

1.6k dilihat
Lantik Pengurus Cabang Istimewa Muslimat NU Inggris Raya, Khofifah: Jangan Lupakan Empat Pondasi Nahdlatul Ulama
Khofifah Indar Parawansa dalam pelantikan pengurus cabang istimewa Muslimat NU Inggris Raya (Instagram @khofifah.ip)

Kota Malang, SJP - Bertempat di Masjid Indonesian Islamic Centre, 2 Clifford Way Neasden, London, Senin (28/8/2023), Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua PP Muslimat Nahdlatul Ulama melantik pengurus cabang istimewa Muslimat NU Inggris Raya.

Dilansir dari akun instagram resmi @khofifah.ip, dirinya tampak mensyukuri kesempatan tersebut.

"Alhamdulillah, saya dapat melantik Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Muslimat NU Inggris Raya masa bakti 2023-2025," ujar Khofifah.

Khofifah juga menceritakan pada saat itu kebetulan dirinya sedang berada di Inggris dalam rangka tugasnya sebagai Gubernur Jawa Timur.

Pada Senin (28/8/2023), ungkap Khofifah, UK sedang libur umum (public holiday) akhir musim panas menuju musim dingin.

"Maka saya memanfaatkannya untuk melakukan pelantikan Pengurus PCI Muslimat NU United Kingdom. Bismillah semoga bermanfaaat," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, secara khusus Khofifah menyampaikan kepada para pengurus terpilih, bahwa dalam ber-NU ada empat pondasi atau landasan dasar yang harus dipegang semua anggota Muslimat NU.

Empat pondasi ini mesti menjadi landasan dasar dalam setiap tindakan.

"Pertama, tawassuth (moderat), kedua ialah tasamuh (toleran), ketiga adalah tawazun (keseimbangan), dan yang terakhir al adalah (tegak lurus)," tegas Khofifah sebagaimana dilansir dari instagram @khofifah.ip.

Lebih lanjut menurut Khofifah, dalam realitas masyarakat global, seorang kader Muslimat NU mesti berbuat tegak lurus dan adil. Hal ini akan menguatkan gerakan Islam rahmatan lil 'alamin.

Melalui empat pondasi tersebut diharapkan kader Muslimat NU dapat memberikan referensi kehidupan beragama yang menyamai damai serta kasih.

Menurut Khofifah, kehadiran Muslimat NU di Inggris Raya begitu penting. Hal tersebut sebagai penyampai risalah untuk menghadirkan Islam yang penuh toleransi dan moderasi.

Tak hanya itu, dirinya juga berharap agar kader NU di manapun berada dapat berpartisipasi untuk selalu membangun keseimbangan baik pemikiran maupun gerakan sehingga tidak terbawa arus ekstrim kanan maupun kiri.

Menutup rilisnya, Khofifah menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Muslimat NU yang cukup aktif di Inggris Raya khususnya di London. Apresiasi ini diberikan atas prestasi Muslimat NU pada saat peringatan Idul Fitri April lalu.

Dalam kesempatan tersebut PCI Muslimat NU Inggris Raya mendapat undangan Walikota London untuk tampil dalam parade Idul fitri dengan group nashid di Trafalgar.

"Semoga langkah untuk kebaikan selalu dimudahkan Allah SWT. Amin," pungkasnya. (**)

Pewarta: Ratna Satyavati

Editor: Queen Ve 

Sumber: Instagram @khofifah.ip

Tags
Anda Sedang Membaca:

Lantik Pengurus Cabang Istimewa Muslimat NU Inggris Raya, Khofifah: Jangan Lupakan Empat Pondasi Nahdlatul Ulama

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT