SUARA JATIM POST
Banner

Terciptanya Lingkungan Bersih, Bupati Bojonegoro Perintahkan Kerja Bakti Setiap Hari Sabtu dan Minggu

BOJONEGORO,- Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah perintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya, dan Bina Marga untuk melakukan kerja bakti setiap hari Sabtu dan Minggu agar menciptakan lingkungan bersih.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Bojonegoro saat melaksanakan kerja bakti bersama Ratusan Warga Desa Sembung dan Forpimcam Kapas. Jumat, (23/10/20).

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah mengatakan, bahwa sampah plastik sangat bahaya karena sulit diurai. Dikatakannya, saat dirinya mengelilingi kota masih banyak sampah yang berserakan dan membuat dirinya sangat miris melihatnya.

"Pemkab Bojonegoro memberi contohlah pada warganya, pada DLH, PU Cipta karya, Bina Marga bersama sama turun tangan, dalam empat bulan ini setiap hari Sabtu dan Minggu akan melakukan kerja bakti, sehingga Bojonegoro makin bersih,”

“Itu juga kita terapkan pada warga Sabtu dan Minggu untuk bersih, kita serukan pada pak camat kita Jumat pagi kerja bakti, saya tidak betah sampah ada dimana-mana,” paparnya.

Ia sangat bangga saat melihat respon warga Sembung yang telah dan selalu aktif melakukan kerja bakti pada lingkungannya, dan menanggulangi sampah sampah yang dibuang di kali.

"Allhamdulillah warga respon baik dan hari ini, seluruh warga Desa Sembung total bersama sama untuk membersihkan sampah," lanjutnya.

Dia juga menekankan kepada Pemerintah Desa Sembung agar membuat peraturan Desa, serta memberi papan pengumuman, hal itu agar Warga tidak membuang sampah sembarangan di kali yang melintasi Desa tersebut.

"Yang kedua perlu juga himbauan, pada warga tidak boleh sampah buang sembarangan, kami sudah tugaskan kepada DLH, untuk memberikan pembuangan sampah berupa kontainer, biar warga bisa membuang sampah pada Kontainer, kalau belum bisa tertib biar urusan pak kades membuat peraturan Desa, sehingga Desa itu aman dari sampah terutama yang masih buang sampah sembarangan,” pungkasnnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sambung Moh Arif Wahyudin mengatakan, semenjak dirinya menjabat, dari Unsur linmas dan Tingkat RT dan Pemdes selalu melakukan kerja bakti Desa dan bergotong royong.

Kades yang baru menjabat kurang lebih satu tahun tersebut, Program yang ditonjolkan adalah bersih bersih desa (bergotong royong), serta di pertanian dan mengali potensi Desa.

"Selain pertanian, saya punya mimpi tiap warga itu Budi daya madu klanceng, serta memfaatkan selokan depan rumah menjadi ternak segala ikan, yang bermanfaat untuk warga,” pungkasnnya.

Pantauan Suara Jatim Post, sekitar 100 orang dari Pemkab Bojonegoro (OPD) bergabung dengan Warga Sembung dari 10 RT, Ibu ibu PKK, Linmas, Pemdes, Karang taruna, PSHT rayon Sembung, Koramil, Polsek, semua terut serta dalam bersih bersih disepanjang jalan Sembung, serta Irigasi pirang kanan serta pirang kiri. (Mustakim).

Apa Reaksi Anda?