SUARA JATIM POST
Banner

Dua Rumah di Situbondo Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp 70 Juta

SITUBONDO - Warga Dusun Krajan, Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Situbondo dikejutkan dengan kebakaran yang melanda dua rumah. Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB pada Minggu pagi (22/11/2020). 

Diketahui kedua rumah tersebut milik Yaidi (50), terbakar pada bagian dapur rumahnya dan Musahri (62), terbakar total bagian rumahnya. Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kebakaran tersebut menyebabkan kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Yaidi mengatakan, saat musibah kebakaran yang menghanguskan milik Musahri (orang tuanya) dan merembet ke dapur rumah miliknya, letaknya yang berdempetan. Api pertama diketahui oleh beberapa tetangganya yang melihat api muncul dari rumah orangtuanya. Dirinya sedang keluar rumah.

"Saya ada di sawah, yang di rumah ada anak dan istri. Istri saya baru mengetahui rumahnya terbakar saat mendengar teriakan dari tetangga yang mengetahui munculnya api dan kepulan asap dari rumah bapak saya," tutur Yaidi.

Yaidi menambahkan, dari teriakan tersebut warga sekitar langsung bergotong royong melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya. Dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Banyuputih dan dilanjutkan ke BPBD Situbondo.

"Dari laporan tersebut, petugas BPBD bersama 2 unit Damkar, Satpol PP, Koramil 0823/08 Banyuputih, Polsek Banyuputih dan Kepala Desa Banyuputih bersama perangkat desa, tiba di lokasi berusaha membantu warga memadamkan api,"imbuhnya.

Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo Puriyono membenarkan peristiwa terbakarnya kedua rumah milik warga Desa Banyuputih tersebut. Menurutnya, warga terlebih dahulu berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya, sebelum petugas Damkar datang.

‚ÄúSelang beberapa menit kemudian dua unit mobil Damkar (Pemadam kebakaran) milik Pemkab Situbondo tiba di lokasi. Api berhasil dipadamkan  dan pembasahan agar tidak merembet ke rumah yang lain," ucapnya.

Meski tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini lanjut Puriyono, mengakibatkan rumah Musahri terbakar total berserta isinya, sedangkan milik Yaidi terbakar di bagian dapur rumah beserta isinya.

"Penyebab kebakaran, diduga korsleting listrik (arus pendek listrik). Akibat kebakaran tersebut, kedua korban mengalami kerugian diperkirakan mencapai Rp 70 juta,"pungkasnya. (Sarwo Edi).

Apa Reaksi Anda?