Memperingati Bulan Santri, Pj Wali Kota Batu Dinobatkan Menjadi Duta Santri

Hari Santri Nasional merefleksikan semangat, tekad dan dedikasi para generasi penerus Islam yang mampu membawa cahaya kehidupan dan perubahan-perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

24 Oct 2023 - 07:15
Memperingati Bulan Santri, Pj Wali Kota Batu Dinobatkan Menjadi Duta Santri
Sekretaris daerah kota batu membuka kegiatan Senin (23/10/2023) (Jack Alfred/SJP)

Kota Batu, SJP - Memperingati bulan santri, pemerintah Kota Batu mengadakan malam resepsi.

Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Efisiensi, mengatakan, hari Santri Nasional merefleksikan semangat, tekad dan dedikasi para generasi penerus Islam yang mampu membawa cahaya kehidupan dan perubahan-perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

"Sesuai dengan tema, 'Jihad Santri Jayakan Negeri', memiliki makna mendalam. Ini mengingatkan kita akan peran santri dalam membangun bangsa dan negara kita,” kata dia kepada suarajatimpost.com saat ditemui di Balai Among Tani Senin (23/10/2023).

Dia menjelaskan jihad santri diartikan mengabdikan diri kepada agama, ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

"Dimana santri adalah garda terdepan dalam segala aspek pembangunan, baik di bidang ilmu pengetahuan, agama, maupun pemberdayaan masyarakat," ujarnya.

Dia memaparkan, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, telah memberikan SK nama jalan Letkol KH Iskandar Sulaiman kepada Rois Syuriah PCNU Kota, KH Hasyim Sirodjudin.

"Nama jalan tersebut merupakan jalan di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu yang merupakan jalan penghubung antar desa," jelasnya.

Pemberian nama Jalan Letkol KH Iskandar Sulaiman, karena sosok tersebut adalah seorang kiai yang menyebarkan ajaran Islam melalui Nahdlatul Ulama (NU) di Malang Raya.

KH Iskandar Sulaiman juga merupakan santri dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, yang dipercaya oleh keluarga ndalem KH Hasyim Asy’ari.

"Hal ini dibuktikan dengan penunjukannya sebagai Konsul NU Jawa Timur I untuk wilayah Malang dan Matraman pada 1934," bebernya.

Terpisah, PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa mengikuti secara langsung kegiatan ini, sekaligus berterima kasih karena dirinya telah dinobatkan sebagai Duta Santri Kota Batu 2023.

"Pemerintah Kota Batu siap mendukung semua kegiatan santri dalam memajukan dan mensejahterakan santri dalam menimba ilmu untuk lebih baik lagi, sekaligus mengembangkan pondok pesantren menjadi pusat pendidikan generasi islami yang berkarakter dan maju," tandasnya.

Sebagai informasi acara tersebut dilakukan penyematan Duta Santri Kota Batu, untuk individu yang mengembangkan nilai-nilai kepesantrenan di Kota Batu. Salah satunya Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, yang dinobatkan menjadi Duta Santri Kota Batu 2023.

Aries Agung Paewai jadi Duta Santri Kota Batu 2023 karena berkat sumbangsihnya dalam mendukung program kegiatan dan sinergitas pemerintah dengan PCNU dapat berjalan dengan baik.

Namun penobatan tersebut diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi, dikarenakan Aries Agung Paewai sedang mengikuti kegiatan bersama Gubernur Jawa Timur di Surabaya. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow