Pj Bupati Lumajang Terus Dongkrak Peningkatan IPM

Fokus utama dari pembangunan manusia adalah terkait manusia dan kesejahteraannya, sehingga pembangunan manusia berarti pertumbuhan positif dan perubahan dalam tingkat kesejahteraan manusia.

12 Feb 2024 - 19:45
Pj Bupati Lumajang Terus Dongkrak Peningkatan IPM
Rapat Koordinasi Data IPM Kecamatan, di Gedung Panti PKK Lumajang (Foto : Kominfo Lumajang)

Kabupaten Lumajang, SJP - Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni  mengajak seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder untuk bersinergi, dalam upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"IPM kita sudah meningkat, memang masih dalam kategori sedang, kurang sedikit lagi masuk kategori tinggi. Diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan IPM kita," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Data IPM Kecamatan, di Gedung Panti PKK Lumajang, Senin (12/2/2024).

Menurut Pj Bupati yang akrab dipanggil Yuyun ini, IPM merupakan indikator yang mencerminkan perkembangan terutama dalam pembangunan sumber daya manusia. 

Fokus utama dari pembangunan manusia adalah terkait manusia dan kesejahteraannya, sehingga pembangunan manusia berarti pertumbuhan positif dan perubahan dalam tingkat kesejahteraan manusia.

"Rakor ini untuk menyamakan persepsi agar IPM yang saat ini berada dalam kategori sedang, tidak turun, bahkan terus meningkat. Diperlukan kerja sama dari seluruh camat untuk memastikan bahwa Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional, red) yang akan dilakukan pada Maret 2024 mendatang berjalan lancar dan sesuai harapan," katanya.

Seperti dilansir dari laman resmi Kominfo Lumajang, Pj Bupati juga menekankan kepada para camat sebagai pemangku wilayah untuk mempersiapkan warganya yang akan menjadi sampel survei.

"Para camat diharapkan dapat menerima dengan baik petugas yang telah dilatih oleh BPS. Masyarakat desa diimbau untuk antusias dan senang hati menyambut petugas Susenas, serta memberikan data seakurat mungkin," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Data Statistik (BPS) Lumajang, Sonhaji menjelaskan, bahwa IPM mengukur pencapaian hasil pembangunan suatu daerah dalam tiga dimensi dasar pembangunan, yaitu lamanya hidup, tingkat pendidikan, dan standar hidup layak.

"Keberhasilan IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia, dalam hal ini, masyarakat atau penduduk Lumajang," pungkasnya. (**)

Editor : Rizqi Ardian
Sumber : Kominfo Lumajang

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow