Cegah Bunuh Diri, Jembatan Suhat Dipasang Pagar Pengaman

Beberapa percobaan bunuh diri, banyak terjadi di jembatan ini. Seperti percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh seorang wanita beberapa waktu lalu.

06 Dec 2023 - 20:45
Cegah Bunuh Diri, Jembatan Suhat Dipasang Pagar Pengaman
Tampak beberapa pekerja sedang melakukan pemasangan pagar pengaman di Jembatan Suhat, Kota Malang, Rabu (06/12/2023)

Kota Malang, SJP - Beberapa waktu lalu, Jembatan Sukarno-Hatta, Kecamatan Lowokwaru, dijadikan tempat aksi bunuh diri.

Sebelumnya, seorang remaja nekat mengakhiri hidupnya dengan cara lompat dari atas jembatan sebelah barat pada 26 Mei 2023 lalu.

Beberapa percobaan lain, baik setelah maupun sebelum kasus itu terjadi juga telah banyak terjadi, seperti percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh seorang wanita.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akhirnya memasang pagar di sekitar jembatan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Dandung Djulharjanto mengatakan, Pemasangan itu dilakukan di sisi luar jembatan sebelah barat.

"Jadi, pemasangan pagar pembatas ini merupakan hasil pelaporan kami, setelah menyerap aspirasi dari masyarakat. Sebab, di sisi luar sebelah barat ini selalu menjadi tempat untuk bunuh diri," ujarnya, Rabu (6/12/2023).

Dandung menjelaskan, pagar pelindung itu dapat melindungi pejalan kaki yang setiap hari melewati jembatan agar tak takut jatuh lagi.

"Selain itu, pagar pembatas ini juga dapat mencegah potensi bunuh diri untuk mereka yang putus harapan. Jadi, resiko nya akan berkurang," terangnya.

Dandung menambahkan, selain memasang pagar pembatas, juga dilakukan pengecatan penampang besi jembatan sebelah timur agar tidak mudah keropos dikala musim penghujan tiba.

"Pengerjaan ini memang dipegang oleh pemprov, karena jalan ini milik Pemprov Jatim. Selanjutnya, dalam waktu dekat ini akan ada proyek pengerjaan drainase di wilayah ini," pungkasnya. (*)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow