1.367 Siswa Dibidik Lakukan Perekaman E-KTP

Kepala Disdukcapil Kota Batu Wiwik Nuryati pada Sabtu (7/9/2024) membeberkan bahwa pihaknya tengah menggeber untuk merampungkan target tersebut dengan maksud menerapkan ketertiban dalam administrasi identitas kependudukan serta memberikan hak kepada pemilih pemula pada Pilkada November mendatang.

07 Sep 2024 - 18:45
1.367 Siswa Dibidik Lakukan Perekaman E-KTP
Pelayanan E-KTP di MPP Kota Batu (Arul/SJP)

Kota Batu, SJP - Target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batu tengah mengejar perekaman e-KTP dengan jumlah 2.604 orang saat ini tercatat telah terpenuhi 1.237 orang dan menyisakan 1.367 orang.

Kepala Disdukcapil Kota Batu Wiwik Nuryati pada Sabtu (7/9/2024) membeberkan, pihaknya tengah menggeber untuk merampungkan target tersebut dengan maksud menerapkan ketertiban dalam administrasi identitas kependudukan, serta memberikan hak kepada pemilih pemula pada Pilkada November mendatang. 

"Saat ini sisanya 1.367 jiwa. Langkah yang diambil selama Agustus kemarin dilakukan perekaman di SMK dan SMA se-Kota Batu. Termasuk siswa Kota Batu yang juga bersekolah di Kota Malang," urainya. 

Tak hanya itu saja, Disdukcapil nantinya akan menerapkan layanan perekaman jelang Pilkada hingga hari libur Sabtu dan Minggu untuk memaksimalkan hak pilih masyarakat yang merupakan kategori pemula atau pemilih baru.

Hal tersebut bakal dilakukan sekitar 1-1,5 bulan jelang pemungutan suara sehingga kendala bagi siswa yang tengah melakukan magang di Kota Malang bisa memanfaatkan masa weekend tersebut.

"Namun untuk yang berasa diluar kota juga tidak perlu bingung, karena sistem informasi administrasi kependudukan sudah terpadu sehingga bisa dilakukan warga Batu di daerah mana saja. Jadi kalau mau dilakukan di Dispendukcapil setempat tetap bisa masuk dan terdata sebagai warga Batu," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, bahkan untuk cetak KTP di Disdukcapil masing-masing tempat seecara langsung juga diperbolehkan asalkan tidak ada perubahan data seperti tanggal lahir, alamat, nama terang dan beberapa data kependudukan yang berubah lainnya. (*)

Editor: Rizqi Ardian 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow