DPR RI dan Kemenkes RI Sosialisasi Kesehatan Haji

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menyelenggarakan acara sosialisasi kesehatan khusus untuk calon jamaah haji. Tujuan acara yang diikuti oleh 1200 peserta ini untuk memberikan informasi penting terkait persiapan kesehatan dan keamanan selama pelaksanaan ibadah haji.

16 Sep 2023 - 04:15
DPR RI dan Kemenkes RI Sosialisasi Kesehatan Haji
Perwakilan kemenkes RI memberi sambutan kegiatan sosialisasi kesehatan haji Sabtu (16/09/2023) (Michel Sima/SJP)

Kota Batu, SJP - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menyelenggarakan acara sosialisasi kesehatan khusus untuk calon jamaah haji.

Acara yang diikuti oleh 1200 peserta ini bertujuan untuk memberikan informasi penting terkait persiapan kesehatan dan keamanan selama pelaksanaan ibadah haji.

Anggota DPR RI Komisi IX, Krisdayanti mengatakan, pentingnya mempersiapkan diri secara menyeluruh sebelum berangkat ke tanah suci.

"Ibadah haji adalah momen sakral dalam hidup umat Islam, dan kesehatan menjadi hal yang sangat krusial. Kami berharap para calon jamaah haji memahami betul langkah-langkah yang harus diambil untuk menjaga kesehatan mereka selama perjalanan dan selama berada di Arab Saudi," kata dia.

Krisdayanti menjelaskan sosialisasi ini menghadirkan berbagai narasumber ahli dalam bidang kesehatan, termasuk perwakilan dari Kemenkes RI. 

"Mereka memberikan informasi mendalam tentang vaksinasi yang diperlukan, persyaratan kesehatan, pencegahan penyakit, serta tata cara penanganan dalam keadaan darurat," jelasnya.

Ketua tim kerja penyakit jantung Kemenkes RI, Fatcha Nur Aliyah mengatakan, kesehatan adalah prioritas utama dalam ibadah haji. 

"Kami telah mengambil berbagai langkah untuk memastikan calon jamaah haji mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik, termasuk pemberian vaksin dan informasi medis yang diperlukan," kata dia.

Dia menjelaskan, acara sosialisasi ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya langsung kepada para ahli, sehingga mereka dapat merasa lebih siap dan yakin dalam menjalani ibadah haji dengan baik dan sehat.

"Selain itu, peserta juga diberikan informasi terkait panduan keamanan yang diperlukan selama perjalanan haji. Keamanan juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap calon jamaah haji," bebernya.

Fatcha Nur Aliyah mengungkapkan acara ini menjadi bukti komitmen DPR RI dan Kemenkes RI untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan ibadah haji dan menjaga kesehatan serta keselamatan jamaah haji Indonesia.

"Semoga para calon jamaah haji dapat menjalani ibadah dengan lancar dan kesehatan yang prima," tandasnya. (*)

Editor : Noordin

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow