Polres Malang Salurkan 4 Ribu Liter Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan

Kemarau panjang Kepolisian salurkan bantuan air bersih yang merupakan upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan dengan dibantu masyarakat Wagir, Muspika, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta sejumlah relawan Kabupaten Malang.

29 Sep 2023 - 19:45
Polres Malang Salurkan 4 Ribu Liter Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan
Kepolisian, warga setempat, serta relawan saling membantu instalasi selang untuk bantuan 4000 liter air di Wagir Kab Malang (Humaspolresmalang/SJP)

Kabupaten Malang, SJP — Indikasi musim kemarau panjang membuat beberapa wilayah Malang Jawa Timur mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya beberapa agenda bantuan air bersih dan layak konsumsi yang diupayakan pihak Kepolisian Resor (Polres) Malang serta beberapa instansi terkait.

Sejak beberapa hari ini baik pihak Polres BPBD Jatim tengah mencoba berikan solusi baik dengan sosialisasi serta bentuk bantuan air bersih yang di pasok melalui tandon-tandon air yang telah disediakan guna antisipasi jika musim kemarau terjadi.

Kasi Humas Polres Malang Iptu A Taufik mengatakan, pihaknya sangat terbuka apabila ada keluhan warga terdampak kesulitan air bersih melapor untuk meminta pasokan bantuan tersebut.

Seperti halnya yang terjadi di wilayah Dusun Buwek, Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Kamis (28/9/2023) kemarin.

"Musim kemarau yang berkepanjangan berakibat sumur-sumur di Dusun Buwek mengalami kekeringan dan air yang keruh, sehingga membuat warga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari," ucapnya kala memberikan konfirmasi di Mapolres Malang, Jumat (29/9/2023).

Bantuan air bersih ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat yang terdampak yang juga dibantu masyarakat Wagir, Muspika, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta sejumlah relawan.

"Kemarin mencapai satu tangki berkapasitas 4000 liter air bersih didistribusikan melalui dua buah tandon besar yang telah disiapkan sebelumnya untuk memastikan kebutuhan air bersih warga dapat terpenuhi dengan baik," tukasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari tugas sosial Polres Malang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Pihaknya sangat peduli terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama dalam situasi darurat seperti ini. 

“Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga Dusun Buwek yang kesulitan mendapatkan air bersih," pungkasnya.

Semoga bantuan ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk turut serta membantu masyarakat yang membutuhkan dalam berbagai situasi darurat. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow