Panglima TNI Resmikan Monumen Pesawat Hawk 209 di Madiun

Alutsista yang dipasang sebagai monumen ini, dulu pernah digunakan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hingga Indonesia menjadi negara yang aman, tentram dan damai seperti saat ini.

11 Nov 2023 - 18:00
Panglima TNI Resmikan Monumen Pesawat Hawk 209 di Madiun
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, menandatangai prasasti peresmian monumen pesawat tempur Hawk 209TT-0229, Sabtu (11/11/2023)

Kabupaten Madiun, SJP – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menandatangani prasasti sebagai bentuk peresmian Monumen Pesawat Hawk 209 TT- 0229, yang terpasang di Simpang empat Dumpil Madiun, Sabtu (11/11/2023).

Keberadaan monument pesawat ini, menambah monumen alutsista lainnya yang sudah terpasang di Exit Tol Madiun itu.

“Tentunya menjadi satu kebanggaan bagi kita semua, khususnya masyarakat Kabupaten Madiun dengan ditambahnya Monumen Pesawat Hawk 209TT-0229 ini,” kata Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, Sabtu (11/11/2023).

Dikatakan, saat Panglima TNI masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), telah dipasang tank dan meriam.

Merurut Panglima, Alutsista yang dipasang sebagai monumen ini, dulu pernah digunakan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), hingga Indonesia menjadi negara yang aman, tentram dan damai seperti saat ini.

“Keutuhan NKRI dan keselamatan bangsa ini, salah satunya juga berkat adanya alutsista ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Panglima TNI yang juga Prutra Asli Kabupaten Madiun ini menambahkan, sejumlah alutsista yang dijadikan monumen itu karena usianya sudah tua dan sudah ada pengganti sebagai bentuk modernisasi.

Untuk itu disumbangkan untuk dijadikan monument agar bisa menjadi pengingat untuk semuanya, utamanya generasi penerus, bahwa alutsista ini turut berjasa dalam menjaga NKRI.

“Pak Bupati ini (monumen) supaya dirawat, dijaga sehingga bisa menjadi edukasi atau bisa menjadi ikonnya Madiun. Mungkin kalau anak-anak sekolah ingin melihat, segera diizinkan supaya anak-anak semakin tahu dan memahami tentang TNI, sehingga mereka punya wawasan untuk kemajuan bangsa dan negara ini,” pungkas Panglima TNI.

Turut hadir dalam peresmian, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Ketua Dharma Pertiwi Ny Veronica Yudo Margono, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Harjono, Asops Panglima TNI MayjenTNI M. Nur Rahmad, Aspers Panglima TNI Marsda TNI Arif Widianto, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, serta Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf H. Sugiyono, dan Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow