Mulai Datang, Logistik Pemilu Disimpan di Gudang Temprina Jember

Di Kabupaten Jember, yang dibutuhkan untuk kotak suara sebanyak 38.530 buah dan bilik suara 30.824 buah.

22 Nov 2023 - 16:00
Mulai Datang, Logistik Pemilu Disimpan di Gudang Temprina Jember
Para pekerja saat menurunkan sebagian logistik Pemilu 2023 mulai datang di Kabupaten Jember. (Foto : Ulum/SJP)

Kabupaten Jember SJP - Logistik Pemilu 2024 seperti kotak dan bilik suara tahap awal sudah datang dan saat ini disimpan di Gudang Gedung Temprina Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Logistik Pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024 mendatang itu, untuk kebutuhan pelaksanaan pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan, logistik tahap ketiga ini adalah kotak dan bilik suara setelah sebelumnya sudah datang kebutuhan tinta dan segel.

"Terkait logistik Pemilu 2024, ini adalah tahap ketiga setelah sebelumnya tinta dan segel. Hari ini datang lagi untuk kebutuhan kotak dan bilik suara. Tapi ini masih sebagian, sementara sisanya akan kami terima pada periode selanjutnya dalam waktu dekat," kata Hanafi, Rabu (22/11/2023).

Terkait jumlah kotak dan bilik suara secara total di Jember. Hanafi menjelaskan, dibutuhkan kotak suara sebanyak 38.530 buah dan bilik suara 30.824 buah.

"Untuk yang datang pertama ini, masih 12.540 buah kotak suara, dan bilik suara 6.000 buah. Nanti akan datang lagi di tahap berikutnya melengkapi, kotak suara 25.990 buah, dan bilik suara 24.824 buah," jelasnya.

Hanafi menjelaskan, nantinya kotak suara yang datang ke Jember itu akan berada di masing-masing TPS sebanyak 5 buah dan 4 bilik suara. Sesuai dengan jenis pemilihan pada Pemilu.

"Kemudian nanti setelah diturunkan kita cek, misalkan ada kerusakan, nanti kita laporkan dan akan dapat pengganti. Tapi Alhamdulillah sejauh ini belum ada kerusakan. Semuanya kotak maupun bilik, termasuk juga tinta dan segel," ujarnya.

Selanjutnya dari proses pengiriman logistik pemilu secara bertahap juga akan dikirim logistik pemilu yakni soal surat suara.

"Untuk deadline terakhir surat suara, nanti sekitar bulan Januari 2024 baru kami terima. Kemudian setting dan packing, baru selanjutnya (didistribusikan) ke kecamatan-kecamatan. Kemudian menjelang pemungutan suara distribusi ke TPS-TPS," tuturnya.

Perlu diketahui dari proses pengiriman logistik Pemilu 2024, KPU Jember sudah menerima secara bertahap. Diawali dari menerima tinta sebanyak 15.412 botol, segel 740.370 buah, dan segel plastik 200.356 buah. Kemudian saat ini dilanjutkan dengan bilik dan kotak suara. Terakhir nantinya akan dikirim logistik surat suara. (*)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow