Masuk Masa Larangan Kampanye, Satpol PP ‘Bereskan’ APK Caleg

Beragam ukuran APS dan APK dibereskan petugas. Mulai dari ukuran 1x1,5 meter, hingga berukuran 2x3 meter.

13 Nov 2023 - 11:15
Masuk Masa Larangan Kampanye, Satpol PP ‘Bereskan’ APK Caleg
Petugas Satpol PP dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo turunkan APS dan APK di jalur pantura. (foto: dokumen Satpol PP)

Kabupaten Probolinggo, SJP – Memasuki masa larangan kampanye, Satpol PP bersama Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, bereskan alat peraga sosialisasi (APS) dan alat peraga kampanye (APK). Salah satu target pembersihan, sepanjang jalur pantura Probolinggo – Situbondo.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat (KUKM) Satpol PP, Budi Sulistiono mengatakan, selain masuk masa larangan kampanye, penertiban juga dilakukan karena alasan estetika lingkungan.

“Banyak dari APS maupun APK itu yang diletakkan sembarangan. Kami bereskan di sepanjang jalur pantura Dringu sampai Paiton,” ujarnya, Senin (13/11/2023).

Petugas menurunkan satu persatu APS dan APK yang ditemukan di tepian jalan, untuk selanjutnya diamankan ke kendaraan patroli petugas.

Beragam ukuran APS dan APK dibereskan petugas. Mulai dari ukuran 1x1,5 meter, hingga berukuran 2x3 meter.

“Paling banyak yang ukuran kecil, dipasang di batang pohon,” lanjut Budi.

Penertiban ini, dilakukan mulai 4 November sampai 27 November mendatang. Masa itu, merupakan masa larangan kampanye. Baik bagi caleg maupun partai politik.

Sejumlah APS dan APK yang sudah ditertibkan, diamankan ke panitia pengawas masing-masing kecamatan. Agar ditindaklanjuti oleh partai politik untuk diambil kembali.

Petugas berhasil mengumpulkan ratusan APS dan APK. Di jalur pantura Kecamatan Dringu saja, 50 lebih alat peraga diturunkan petugas. 

“Dengan catatan, tidak dipasang kembali sebelum masa larangan kampanye usai. Ada dua aturan yang diterapkan. Yakni menyangkut larangan kampanye untuk APK ataupun APS yang pemasangannnya melanggar perda atau tak berizin, serta merusak estetika lingkungan,” tandas Budi. (*)

Editor: Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow