Progres Pelebaran Jalan Brosem Capai 75,12 Persen

hasil monitoring disampaikan oleh pihak lapangan ada akselerasi sebesar 15,84 persen dari progres schedule 20 persen dari schedule target yang ada

13 Nov 2023 - 10:30
Progres Pelebaran Jalan Brosem Capai 75,12 Persen
Kawasan Jalan Brosem saat dilebarkan oleh DPUPR Kota Batu

Kota Batu, SJP - Proses pelebaran Jalan Bromo - Semeru (Brosem) di Kota Batu oleh DPUPR Kota Batu telah mencapai 75,12 persen hingga Senin (13/11/2023).

Sehingga, target penyelesaian pekerjaan dipastikan akan rampung dan bisa dinikmati sebelum akhir tahun.

Kepala DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat ketika dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, hasil monitoring disampaikan oleh pihak lapangan ada akselerasi sebesar 15,84 persen dari progres schedule 20 persen dari schedule target yang ada. 

"Dalam progres pengerjaan pihak rekanan telah melakukan penggalian untuk melebarkan sungai di Jalan Brosem dan sampai saat ini tengah dilakukan proses pemasangan box culvert. Untuk pemasangan tersebut dilakukan pada malam hari dengan menggunakan alat berat dan apabila dikerjakan pada siang hari maka berpotensi terjadi kemacetan panjang," tuturnya.

Pihaknya memperkirakan pekerjaan pelebaran jalan bakal berakhir hingga November 2023, karena kontrak pengerjaan yang membutuhkan waktu 120 hari, dimulai sejak awal Agustus lalu.

“Kami juga sampaikan, pelebaran Jalan Brosem merupakan program Prioritas Pemkot Batu tahun ini sebagai solusi mengurai kemacetan di pusat kota. Apalagi jalur Brosem jadi salah satu pusat kemacetan setiap akhir pekan,” imbuhnya.

Selain menjadi solusi kemacetan, pelebaran jalan juga bertujuan meningkatkan kapasitas tampang dan tampung jalan utama menuju pusat Kota Batu.

Serta, agar mobilitas warga masyarakat dan wisatawan terlayani dengan baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas masyarakat.

Perlu diketahui, teknis ruas Jalan Brosem akan dilebarkan dari eksisting 6-7 meter menjadi 10-12 meter dengan panjang 650 meter.

Pelebaran ruas jalan dengan cara menutup saluran irigasi dengan box culvert dan dari hasil lelang pekerjaan, pelebaran jalan Brosem dianggaran Rp 4,5 miliar dari proses lelang, PT. Mandiri Langgeng Gemilang Jl. Raya Pandanrejo 256 RT.004 RW. 001 Kota Batu keluar sebagai pemenang dengan harga penawaran Rp 3,3 miliar. (*)

Editor: Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow