Jadi Tuan Rumah Puncak Gerak Budaya, Bupati Jember Sumringah

Selain GBB, Kabupaten Jember telah mengadakan kurang lebih 600 event sebagai wujud konkret strategi untuk terus melestarikan budaya, industri kreatif, dan ekonomi kerakyatan. 

21 Nov 2023 - 15:30
Jadi Tuan Rumah Puncak Gerak Budaya, Bupati Jember Sumringah
Bupati Jember Hendy Siswanto saat jadi tuan rumah Galang Gerak Budaya. (Foto : Diskominfo Jember)

Kabupaten Jember, SJP - Menjadi tuan rumah dalam acara puncak Galang Gerak Budaya (GGB) Tapal Kuda di Jalan Sudarman, Pemkab Jember patut diapresiasi .

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan tujuan memperkenalkan dan mengembangkan secara luas ragam seni, ritual, pengetahuan dan teknologi tradisional serta ekspresi kultural di wilayah Tapal Kuda. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, MA, Ph.D hadir secara langsung didampingi Bupati Jember Hendy Siswanto dan Ketua TP-PKK Kabupaten Jember Dra Hj Kasih Fajarini beserta jajaran tamu undangan lainnya. 

Bupati Jember mengucapkan selamat datang di Kabupaten Jember kepada Dirjen Kebudayaan beserta jajarannya, karena kegiatan ini, membawa berkah untuk Kabupaten Jember. 

“Kegiatan ini menginspirasi kami dan juga wilayah Tapal Kuda untuk melestarikan budaya,” kata Bupati, Selasa (21/11/2023).

Bupati juga memaparkan, Kabupaten Jember telah mengadakan kurang lebih 600 event sebagai wujud konkret strategi untuk terus melestarikan budaya, industri kreatif, dan ekonomi kerakyatan. 

“Sudah jadi kewajiban seluruh masyarakat di Tapal Kuda, dan Indonesia tentunya wajib mengawal kegiatan seperti ini untuk kesejahteraan bagi semuanya. Selamat menyaksikan dan salam sukses selalu,” tandasnya. 

Hal tersebut selaras dengan sambutan Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid. 

Ia menuturkan bahwa malam puncak Galang Gerak Budaya Tapal Kuda sebagai salah satu bentuk kepedulian Kemendikbud dan Pemerintah Daerah dalam upaya pelestarian, pengembangan, pemeliharaan, dan perlindungan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) di wilayah Tapal Kuda dan Kabupaten Jember khususnya.

Dalam kesempatan ini juga Dirjen Kebudayaan menyerahkan piagam penghargaan kepada 7 kontingen Kabupaten/Kota Tapalkuda yang terdiri dari Kabupaten Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Tak hanya itu, Kepala Desa Lojejer mendapat penghargaan apresiasi dari Kemendikbudristek sebagai Tokoh Pelestari Seni Budaya. (***)

Editor : Rizqi Ardian

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow