Depot Arsip Kota Malang Segera Beroperasi

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Yayuk Hermiati katakan hadirnya gedung Depot Arsip ini diharapkan fasilitasi penyimpanan dokumen atau arsip-arsip penting yang bernilai sejarah

02 Dec 2023 - 13:30
Depot Arsip Kota Malang Segera Beroperasi
Tampak depan gedung Depot Arsip Kota Malang yang berada di kompleks Islamic Center, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang, Sabtu (02/12/2023)

Kota Malang, SJP - Setelah kurun waktu 1 tahun dilakukan pembangunan, kini gedung Depot Arsip Kota Malang segera dioperasikan pada awal bulan Desember 2023 ini.

Gedung yang berlokasi di kompleks Islamic Center, Kelurahan Arjowinangun, Kecamatan Kedungkandang itu, memang sudah selesai pengerjaan pembangunannya.

Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang Yayuk Hermiati mengatakan, hadirnya gedung Depot Arsip ini diharapkan mampu memfasilitasi penyimpanan dokumen atau arsip-arsip penting yang bernilai sejarah.

"Nanti di tanggal 6 Desember ini rencananya akan diresmikan. Tapi, kita harus lengkapi dulu perlengkapan-perlengkapan di gedung ini," ujarnya, Sabtu (02/12/2023).

Yayuk jelaskan, Depot Arsip nantinya akan menampung jutaan arsip yang autentik dan berharga.

"Selain menyimpan arsip sesuai standari kearsipan, gedung ini memiliki fasilitas mengalih mediakan arsip. Ada 9 orang arsiparis yang bertugas mengalihmediakan arsip fisik ke bentuk digital," tuturnya.

Yayuk tambahkan ada beberapa kriteria kriteria utama yang layak disimpan di Depot Arsip. Seperti, arsip berharga berusia lebih dari 10 tahun, data pemerintahan, hingga dokumen sejarah.

"Seluruh OPD kami minta untuk memilah arsip berharga mereka. Jika, usia arsip nya sudah lebih dari 10 tahun, bisa langsung dibawa ke Depot Arsip. Terbanyak itundari DPUPRPKP yang menyimpan arsip seperti IMB," pungkasnya. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow