Catatan BPBD Kabupaten Malang:Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Deras Disertai Angin

Kabid BPBD Kabupaten Malang katakan hujan deras disertai angin yang terjadi pada Kamis (30/11/2023) akibatkan puluhan bangunan mengalami kerusakan di Kecamatan Jabung itu ada sebanyak 28 rumah rusak dengan rincian 14 rumah berada di Desa Sukolilo, 6 rumah di Desa Kemantren, dan enam rumah di Desa Jabung.

01 Dec 2023 - 19:15
Catatan BPBD Kabupaten Malang:Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Deras Disertai Angin
Pohon tumbang yang menimpa rumah warga akibat hujan deras disertai angin. (SJP)

Kabupaten Malang, SJP - Akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang pada Kamis (30/11/2023), puluhan rumah serta sejumlah fasilitas umum alami kerusakan.

Bahkan angin kencang robohkan beberapa pohon hingga merintangi jalan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan katakan , berdasarkan catatan BPBD, akibat hujan deras disertai angin yang terjadi pada Kamis (30/11/2023) kemarin sekitar pukul 14.00-15.00, membuat puluhan bangunan mengalami kerusakan.

"Puluhan bangunan yang mengalami kerusakan tersebut berada di tiga kecamatan," ucapnya, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (1/12/2023).

Menurut Sadono, untuk di Kecamatan Jabung itu ada sebanyak 28 rumah rusak dengan rincian 14 rumah berada di Desa Sukolilo, 6 rumah di Desa Kemantren, dan enam rumah di Desa Jabung.

"Kalau di Jabung itu selain rumah juga dua sekolah dan atap Puskesmas Jabung rusak," jelasnya.

Sedangkan, lanjut Sadono, untuk di Kecamatan Singosari, hujan deras disertai angin kencang tersebut menyebabkan kerusakan puluhan rumah di wilayah Kelurahan Candirenggo, Desa Dengkol, Desa Gunungrejo, dan Desa Banjararum. 

"Di Kecamatan Singosari ada empat titik terdampak, di Candirenggo ada 13 rumah Dengkol tiga rumah, Desa Gunungrejo 27 rumah, dan di Desa Banjararum satu tempat usaha mengalami kerusakan. Untuk di Desa Gunungrejo, satu rumah mengalami rusak berat sehingga penghuni rumah mengungsi," terangnya.

Kemudian, Sadono tambahkan, untuk di Kecamatan Karangploso itu yang dilaporkan ada tujuh rumah alami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang.

"Jadi, di Karangploso itu di Desa Ngenep, tujuh rumah itu mengalami kerusakan di bagian atap yang terbang terbawa angin. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa bencana tersebut," tegasnya. (*)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow