Warga Rugi Puluhan Juta Rupiah Akibat Pohon Tumbang di Jabung, Malang

Terjadinya peristiwa bencana alam akibat dampak hujan deras disertai angin kencang di wilayah kecamatan Jabung, Kabupaten Malang yang mengakibatkan pohon tumbang/roboh dan atap rumah warga mengalami kerusakan.

01 Dec 2023 - 18:15
Warga Rugi Puluhan Juta Rupiah Akibat Pohon Tumbang di Jabung, Malang
Beberapa personil, baik dari kepolisian, koramil, serta relawan dari warga berjibaku membersihkan bekas pohon tumbang yang menimpa pemukiman salah satu warga Jabung Kabupaten Malang. Jumat 1/12/2023.

Kabupaten Malang, SJP — Beberapa pohon tumbang yang menimpa pemukiman warga Jabung Kabupaten Malang pada Kamis (30//11/2023) akibatkan kerugian serius.

Hujan deras disertai angin kencang di wilayah kecamatan Jabung Kabupaten Malang tersebut membuat beberapa pohon tumbang menimpa rumah warga.

Iptu Suyanto sebagai Kapolsek Jabung gurai laporannya bahwa peristiwa tersebut terjadi dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Kejadian tersebut terjadi di kawasan jalan raya Desa Sukolilo Kecamatan Jabung Kabupaten serta Desa Kemantren Malang, masing-masing ada 2 pohon tumbang jenis pohon sengon laut dan jenis pohon mindi, pohon pekik dan trembesi. 

"Warga bernama Ngadiari atau Ndiari, dan Sanawi dari Desa Sukolilo, rumahnya mengalami kerusakan pada atap/genteng sebab tertimpa pohon, pohon tersebut sempat menghalangi jalan raya dan menimpa 2 rumah milik warga, kurang lebih Rp 3 hingga 8 juta kerugiannya," ucapnya kepada Suarajatimpost.com, Jumat 1/12/2023.

Ia menyebut rumah milik Sanawi di Desa tersebut atap dan material bangunan mengalami kerusakan paling parah dengan total kerugian Rp 8 Juta. 

Pihak Polsek juga mengurai data bahwa di jalan raya Desa Kemantren juga dua pohon tumbang jenis sengon tekik dan pohon jenis trembesi. 

Keduanya halangi akses jalan jalan raya dan tujuh rumah dengan kerusakan yang sama.

Rumah warga milik Bambang Winarto di Desa Kemantren 02 Jabung mengalami gudang roboh ditaksir kerugiannya Rp 3 juta.

Kemudian rumah warga Desa kemantren, milik Suwoto alami atap rumah dari genteng mengalami kerusakan ringan dan kerugian material jika dirupiahkan totalnya Rp 300 ribu.

"Hal yang sama juga dirasakan, Jumadi, M Samsul, Fitriani, Sampur, Supri, dan Fitriani dari Desa yang sama," tukasnya.

Lalu untuk warga Desa Jabung Kecamatan Jabung, lanjut Suyatno, bernama, Singgih, rumahnya berada di Jalan Arjuno Desa Jabung mengalami kerusakan dan kerugian ringan dengan total kerugian berkisar Rp 300 ribu, berurutan rumah milik M Zaini, Suharti, Rupaat, Pariyah, Nuriyah serta TK Baitul Mukhlisin di Jalan Kelid.

"Jika ditotal, kerugian material semua kurang lebih 18 Juta rupiah, maka dari itu kami menghimbau, khususnya kepada warga Jabung, apabila mengetahui, melihat, baik di sekitar rumah ataupun di jalan, pohon-pohon yang berpotensi tumbang dan berisiko mengenai rumah maupun pengguna jalan, silahkan lapor ke polsek ataupun kantor kecamatan, kami akan tindak lanjuti," ucapnya.

Suyanto juga menyebut ada kerusakan juga di Gedung Pondok Ponpes/panti asuhan Al Kaff.

"Warga meminta ada kesediaan bantuan terhadap kerusakan pondok yang membutuhkan tenaga, jadi monggo kalau mau membantu," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Kecamatan Jabung, Taufik, mengatakan, Pemerintah Desa setempat bakal alokasikan beberapa bantuan guna membantu renovasi rumah, atau sekolah yang mengalami kerusakan.

"Ini tadi kerja bhakti di beberapa tempat, yang baru terlaporkan, serta perempesan kembali di lokasi depan BRI, untuk rumah warga di sukolilo yang terdampak, pihak Pemdes Sukolilo sudah menangani nya," ucapnya.

Taufik mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati serta waspada ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi serta angin kencang. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow