Dinkes Mulai Laksanakan Sub PIN Polio Putaran II se Kabupaten Malang

Target sasaran diputaran pertama menjadi data baru, bahwa target sasaran bertambah di pekan PIN Polio putaran kedua kali ini.

19 Feb 2024 - 14:27
Dinkes Mulai Laksanakan Sub PIN Polio Putaran II se Kabupaten Malang
Putaran kedua pemberian Sub PIN Polio di Kabupaten Malang (Hafid/SJP)

Kabupaten Malang, SJP — Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio serentak putaran kedua mulai dilaksanakan, Senin (19/2/2024).

Sesuai dengan jadwal, pelaksanaan imunisasi ini telah dilaksanakan bulan Januari lalu diputaran pertama dan telah mencapai 100 persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang Drg Wijanto Wijoyo, diputaran kedua secara teknis sama dengan pemberian 2 tetes kepada anak-anak.

"Putaran pertama sudah selesai 100 persen, sasarannya sama seperti bulan lalu, yakni 2 tetes setiap anak," ucapnya saat dikonfirmasi beberapa pekan lalu jelang Sub Pin Polio putaran dilaksanakan.

Kurang lebih ada 300 ribu sasaran Sub PIN Polio di Kabupaten Malang, meskipun kasus Polio tidak ada di Kabupaten Malang.

"Di Kabupaten Malang tidak ada, kalau tidak salah, ditemukan di Madura dan Klaten, karena ditemukan di Jawa Timur dan Jawa Tengah, makanya ada Sub Pin Polio, kalau tidak ditemukan kemungkinan tidak diadakan, kalau kita nihil, itu harap kami," jelasnya.

Menurut Wijanto, imunisasi ini dilaksanakan satu provinsi sebagai upaya pencegahan dan penularan virus Polio.

"Karena jenis virus, mungkin saja ada disekitar anda, tapi kalau badan kita sehat, daya tahan tubuh baik, seperti corona, (Covid) sebenarnya tidak menghilang, tapi berhubung daya tahan tubuh kita kuat, makanya gak terjangkit," terangnya.

Namun, Wijanto menambahkan, banyak faktor yang menimbulkan terjangkitnya virus kepada setiap individu.

"Saya berpesan agar setiap individu mengupayakan kebersihan, gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga agar daya tahan tubuh tidak gampang lemah," tegasnya.

Sementara, Sub Koordinator Surveilans dan Imunisasi, Dinkes Kabupaten Malang, Suyatno ST MM mengatakan, bahwa berdasarkan Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) sasaran Sub Pekan Imunisasi Polio (PIN Polio) di Kabupaten Malang berjumlah 295.980.

Sesuai dengan data bulan Januari lalu pekan PIN Polio sasaran Sub nya yakni usia 0-59 Bulan timbang (bulang) sebanyak 185.171.

Kemudian usia 5 sampai kurang dari 7 tahun sebanyak 74.002. Sedangkan untuk usia 7 tahun ada sebanyak 36.807 dengan jumlah total 295.980 diputaran pertama.

"Kabupaten Malang tidak ada kasus Polio hingga saat ini, PIN adalah bentuk antisipasi agar kasus tidak terjadi," tegasnya.

Pendistribusian PIN terus,

sudah dipersiapkan sekira ribuan pos imunisasi se-Kabupaten Malang untuk itu pihak posyandu bakal mendata semua kepentingan imunisasi tersebut berjalan.

"Masih sama ya untuk pos-pos nya, yakni 2685 Posyandu, juga ada yang mendatangi PAUD/ TK/SD yang terdata ada 3045 lokasi dengan jumlah semua Pos Imunisasi kurang lebih 5730," jelasnya.

Diketahui, Sub PIN Polio putaran pertama tanggal 15 sampai 21 Januari 2024 telah dilaksanakan dan untuk putaran kedua hari ini (Senin 19 sampai 26/2024) dengan teknis pemberian imunisasi yakni 2 tetes per anak.

Ia tambahkan bahwa bisa saja terget bertambah karena ada teknis data putaran ke II baru dikerjakan.

"Bisa jadi ada tambahan, kalau ada tambhan yang belum di imunisasi sama sekali nanti dimasukan capaian putaran I, sasaran Sub PIN Polio Putaran II, Usia 0-59 bulan sebanyak 185.171, usia 5 -<7 tahun sebanyak 74.002 dan Usia 7 tahun sebanyak 36.807," pungkasnya. (*).

Editor: Toski Dermaleksana 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow