Rp 25 Miliar Untuk 300 Pokir DPRD Kota Batu

Usulan-usulan Pokir ini berasal dari reses tahun 2023 dan mencakup aspirasi masyarakat serta pengajuan desa di tiga daerah pemilihan (Dapil) di wilayah Kota Batu.

22 Oct 2023 - 10:46
Rp 25 Miliar Untuk 300 Pokir DPRD Kota Batu
Ketua komisi c saat ditemui suarajatimpost.com (Jack Alfred/SJP)

Kota Batu, SJP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu mengajukan 295 usulan pokok pikiran (Pokir) untuk tahun anggaran APBD 2024.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi, mengatakan pokir dewan keseluruhan hampir 300 usulan dan dibagi ke beberapa bidang termasuk pendidikan dan kesehatan.

"Anggaran yang dibuat untuk pokir sekitar Rp 25 milliar," jelasnya.

Terpisah Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari mengatakan, usulan-usulan Pokir ini berasal dari reses tahun 2023 dan mencakup aspirasi masyarakat serta pengajuan desa di tiga daerah pemilihan (Dapil) di wilayah Kota Batu.

"Selama tiga kali reses pada tahun 2023, setiap anggota DPRD rata-rata mengajukan sekitar 50 usulan untuk dimasukkan dalam APBD tahun 2024. Namun, penting untuk dicatat bahwa semua usulan tersebut harus melalui verifikasi oleh Bappelitbangda sebelum diakomodir," kata dia kepada suarajatimpost.com saat dihubungi melalui whatsapp, Ahad (22/10/2023).

Dia menjelaskan usulan-usulan tersebut mencakup berbagai aspek, seperti pembangunan plengsengan, penerangan jalan umum, pavingisasi, konstruksi saluran drainase, hingga pembangunan tempat ibadah.

"Meskipun kondisi keuangan Pemerintah Kota Batu terlihat membaik secara berangsur-angsur setelah pandemi COVID-19, belum dapat dipastikan apakah semua usulan tersebut akan dimasukkan dalam APBD," ujarnya.

Dia memaparkan usulan yang dihasilkan dari tiga kali reses ini terdiri dari Pokir yang diajukan berdasarkan aspirasi masyarakat dan pengajuan dari desa.

"Dari total 295 usulan ini, pembagiannya adalah 8 usulan untuk Dapil 1, 69 usulan untuk Dapil 2, 65 usulan untuk Dapil 3, dan 81 usulan untuk Dapil 4. Namun, perlu diingat bahwa dari total 295 Pokir yang diusulkan, masih akan melalui evaluasi dan survei anggaran. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan berapa besar pagu anggarannya," bebernya. (*)

Editor: Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow