Ratusan Warga Gelar Salat Istisqa, Mohon Turun Hujan dan Doa untuk Palestina

Salat Istisqa ini dilakukan, karena kemarau panjang mengakibatkan wilayah Desa Segaran mengalami kekeringan, dan sekitar 100 hektare lahan pertanian mulai mengering.

11 Nov 2023 - 20:00
Ratusan Warga Gelar Salat Istisqa, Mohon Turun Hujan dan Doa untuk Palestina
Suasana Salat Istisqa, warga Desa Segaran

Kabupaten Malang, SJP - Beberapa wilayah di Malang Raya, saat ini terlihat sudah mulai turun hujan. Namun, ada beberapa daerah yang hingga saat ini masih belum juga turun hujan. Salah satunya, Desa Segaran, Kecamatan Gedangan. 

Untuk segera turun hujan, Pemerintah Desa (Pemdes) Segaran, menggelar salat Istisqa atau salat sunah memohon turun hujan kepada Allah SWT.

Salat yang digelar di Lapangan Dusun Sumberbanteng, Desa Segaran tersebut diikuti oleh ratusan warga desa setempat.

Kepala Desa Segaran, Kecamatan Gedangan, H Tasan mengatakan, pelaksanaan salat Istisqa ini digelar setelah Pemdes Segaran melakukan rapat dengan Ranting NU, tokoh agama, takmir masjid dan seluruh pemangku mushalla yang ada di desa setempat, untuk melaksanakan salat Istisqa.

"Pelaksanaan salat Istisqa ini keputusan bersama, ada sekitar 500 warga yang ikut salat Istisqa, mulai dari tokoh masyarakat, unsur Muspika Gedangan, Tokoh agama, perangkat desa dan seluruh lembaga pendidikan yang ada di sini," ucapnya, saat ditemui awak media usai pelaksanaan salat Istisqa, Sabtu (11/11/2023).

Menurut Tasan, salat Istisqa ini dilakukan, karena kemarau panjang mengakibatkan wilayah Desa Segaran mengalami kekeringan, dan sekitar 100 hektare lahan pertanian mulai mengering.

"Ada sekitar 950 Kepala Keluarga(KK) di Dusun Sumber Kotes Wetan dan Sumber Kotes Kulon alami krisis air bersih," jelasnya.

Tasan berharap, dengan dilaksanakan salat Istisqa ini masalah kekeringan di Desa Segaran terselesaikan.

"Semoga Allah segera menurunkan hujan khususnya di wilayah Kecamatan Gedangan dan Kabupaten Malang pada umumnya," harapnya.

Bahkan, tambah Tasan, salat Istisqa ini juga untuk mendoakan para saudara-saudara muslim di Palestina selamat dari gempuran Israel.

"Semoga tercapai apa yang mereka cita-citakan. Mari kita berdoa bersama agar perang di Palestina segera berakhir," tukasnya. (*)

Editor : Queen Ve

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow