Polres Malang Lakukan Pendampingan Psikologis Terhadap Anak Korban Bunuh Diri

Tim trauma healing dari Polres Malang berikan motivasi moral dan juga bantuan dari Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, berupa perlengkapan sekolah, seperti seragam, sepatu, dan tas sekolah

14 Dec 2023 - 11:00
Polres Malang Lakukan Pendampingan Psikologis Terhadap Anak Korban Bunuh Diri
Tim Trauma Healing Polres Malang kunjungi anak korban bunuh diri sekeluarga (IST/SJP)

Malang, SJP - Usai peristiwa tragedi memilukan keluarga bunuh diri di Pakis Kabupaten.
Tim PPA Satreskrim Kepolisian Resor Malang lakukan pendampingan trauma healing terhadap anak perempuan yang kehilangan seluruh keluarganya dalam tragedi yang terjadi Selasa 12/12/2023 itu.

Pendampingan dilakukan dengan kunjungi kediaman sanak famili anak perempuan tersebut bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang, Rabu 13/12/2023).

Kasihumas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan, katakan tujuan kunjungan tersebut adalah memastikan kondisi anak dan memberikan pendampingan psikologis.

Hal ini dilakukan guna membantu pemulihan dari dampak peristiwa tragis yang menimpa keluarganya.

"Kami melakukan pendampingan bersama Pemkab Malang, untuk memastikan kondisi ananda sebagai pemulihan psikologis dampak dari peristiwa bunuh diri yang dilakukan seluruh keluarganya," kata Ipda Adnan saat dikonfirmasi di Polres Malang, Kamis 14/12/2023.

Dalam kunjungan tersebut, tim trauma healing dari Polres Malang memberikan motivasi moral kepada anak tesebut agar dapat melanjutkan pendidikan dan meraih cita-citanya.

Mereka juga memberikan bantuan dari Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, berupa perlengkapan sekolah, seperti seragam, sepatu, dan tas sekolah.

Penyembuhan trauma psikologis pada anak-anak memerlukan waktu dan perhatian yang intensif.

Oleh karena itu, Polres Malang berkomitmen untuk melakukan pendampingan secara berkala, bekerja sama dengan Pemkab Malang dan pihak terkait, guna memulihkan kondisi psikologis AKE.

"Pendampingan akan dilakukan secara berkala bersama Pemkab Malang dan pihak terkait, untuk memulihkan kondisi psikologis bagi ananda," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Selasa (12/12/2023), satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak, ditemukan meninggal dunia diduga akibat bunuh diri.

Dugaan sementara peristiwa tersebut terjadi berkaitan dengan permasalahan ekonomi.

Polres Malang berharap upaya pendampingan ini dapat membantu AKE dalam mengatasi trauma dan melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow