Pj Bupati Bondowoso Pastikan Penyaluran BLT DBHCHT Tepat Sasaran

Sebagian besar penerima BLT menyambut baik program ini, dan mereka menyatakan bahwa bantuan tersebut memberikan bantuan signifikan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

21 Dec 2023 - 21:30
Pj Bupati Bondowoso Pastikan Penyaluran BLT DBHCHT Tepat Sasaran
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto saat berinteraksi dengan penerima BLT dan menanyakan tanggapan para penerima BLT cukai (Foto : Prokopim)

Kabupaten Bondowoso, SJP - Penyaluran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2023 di Kabupaten Bondowoso, mulai didistribusikan kepada masyarakat.

Untuk memastikan transparansi dan efektivitas penyaluran bantuan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, turun langsung memonitoring dan evaluasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kecamatan Wringin dan Kecamatan Curahdami, Kamis (21/12/2023).

Didampingi oleh Pj Sekda, Forkopimda dan OPD terkait, Pj Bupati turun langsung ke lokasi penyaluran BLT untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. Bahkan, Bambang Soekwanto langung bercengkrama dengan masyarakat penerima BLT.

"Kegiatan monitoring ini dilakukan guna memastikan bahwa dana yang berasal dari cukai hasil tembakau tersebut dapat memberikan dampak positif dan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat penerima," kata Bambang Soekwanto.

Di Kecamatan Wringin dan Curahdami, Pj Bupati berinteraksi langsung dengan penerima BLT untuk mendapatkan masukan mengenai pelaksanaan program ini. Selain itu, dilakukan pula pemeriksaan administrasi dan dokumentasi terkait penyaluran dana bagi hasil cukai hasil tembakau.

"Kami ingin memastikan bahwa bantuan ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, kami tidak hanya melihat dari sisi administratif, tetapi juga turun langsung ke lapangan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas," ujarnya.

Hasil evaluasi sementara menunjukkan bahwa sebagian besar penerima BLT menyambut baik program ini, dan mereka menyatakan bahwa bantuan tersebut memberikan bantuan signifikan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. 

Namun, Bambang tetap menekankan perlunya perbaikan dalam pelaksanaan program, termasuk dalam hal distribusi dan komunikasi informasi kepada masyarakat.

"Kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar pelaksanaan program ini dapat lebih optimal. Kami juga menghimbau masyarakat untuk memberikan masukan dan informasi apabila terdapat kendala atau ketidaksesuaian dalam penyaluran dana ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Bondowoso mencatat, ada 25.740 keluarga penerima manfaat (KPM). 

Masing-masing KPM menerima Rp 600 ribu. Bantuan tersebut merupakan alokasi BLT DBHCHT bulan November dan Desember 2023 yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia. (*)

Editor : Trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow