Pesan Pj Bupati Jombang Hadapi Bencana Hidrometeorologi

Pj Bupati Jombang, Sugiat jelaskan dampak bencana hideometeorologi berupa cuaca ekstrim, angin kencang, puting beliung, banjir dan tanah longsor

13 Dec 2023 - 21:15
Pesan Pj Bupati Jombang Hadapi Bencana Hidrometeorologi
Pj Bupati Jombang, Sugiat mengecek jajaran hadapi potensi bencana hidrometeorologi. (Dok Pemkab)

Jombang, SJP - Pj Bupati Jombang, Sugiat, sampaikan data rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa seluruh wilayah Kabupaten Jombang telah memasuki musim hujan.  

Kondisi demikian, menurut Sugiat, kota Jombang rawan potensi bencana Hidrometeorologi. 

"Berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi, hal ini perlu diingatkan kepada masyarakat serta semua pihak agar bersiap melakukan langkah mitigasi terhadap potensi bencana," kata Pj Sugiat saat memimpin Apel gabungan kesiapan hadapi bencana hidrometeorologi di Alun-alun Jombang, Rabu (13/12/2023). 

Sugiat jelaskan bencana alam yang dimaksud akan terjadi akibat dampak bencana hideometeorologi berupa cuaca ekstrim, angin kencang, puting beliung, banjir dan tanah longsor.

"Diperlukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemahaman tentang bencana pada setiap kegiatan, agar masyarakat lebih tahu dan waspada tentang bencana alam," jelasnya. 

Partisipasi aktif semua pihak, terang Sugiat, sangat diperlukan dalam proses mitigasi yaitu dari unsur pentahelix penanggulangan bencana yaitu pemerintah, masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan media. 

"Dalam meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik dalam menciptakan kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal" terangnya. 

Pj Bupati Jombang Sugiat mengimbau kepada jajaran untuk menyusun rencana dengan menyesuaikan tata kelola kedaruratan bencana.

Selain itu, perlu kesiapan mental dan fisik yang prima dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi sekaligus menghindari ego sektoral dalam penanganan bencana. 

Program lainnya adalan melaksanakan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personil yang akan ditugaskan agar siap dan tanggap dalam menjalankan tugas. 

Tak cukup itu, perlu pengecekan secara berkala terhadap semua peralatan dan perlengkapan SAR oleh masing-masing instansi agar dapat berfungsi pada saat dibutuhkan dalam penanggulangan bencana alam.

"Semoga apa yang kita lakukan akan memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara, sekaligus membangun semangat kita untuk terus berjuang demi kemanusiaan", pungkasnya. (*) 

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow