Pepohonan Lapuk di Gresik Utara Ditebang Antisipasi Tumbang Saat Angin Kencang

Camat Ujungpangkah Shofwan Hadi Awal berinisiasi tebangi pepohonan lapuk karena musim hujan sering disertai angin kencang

09 Dec 2023 - 06:45
Pepohonan Lapuk di Gresik Utara Ditebang Antisipasi Tumbang Saat Angin Kencang
Proses penebangan pohon lapuk di sepanjang jalur wilayah Kecamatan Ujungpangkah (SJP)

Kabupaten Gresik, SJP - Hujan deras disertai angin kencang mulai kerap melanda wilayah Gresik Utara khususnya Kecamatan Ujungpangkah,

Kondisi itu membuat pemerintah kecamatan setempat ambil langkah antisipasi dengan turun langsung melakukan penebangan pohon lapuk agar tidak keburu tumbang dan membahayakan warga maupun pengendara yang sedang melintas.

Camat Ujungpangkah Shofwan Hadi katakan penebangan pohon-pohon lapuk dilakukan sebagai wujud sinergi antara pemerintah kecamatan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), guna hadapi datangnya musim hujan.

"Kami melakukan sinergitas dengan Pemkab Gresik melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) melaksanakan pemotongan pohon yang sudah lapuk terancam tumbang dan membahayakan masyarakat ketika terjadi angin kencang," ujarnya.

Tidak hanya itu, kolaborasi Pemerintah Kecamatan Ujungpangkah bersama DLH dan DPUTR juga menyasar Desa Gosari dengan mengantisipasi terjadinya penyumbatan drainase.

Kegiatan yang sekaligus dalam rangka Bulan Bakti PUTR Dinas PUTR Pemkab Gresik ini berupa bersih-bersih saluran air dan penanaman pohon di sepanjang jalan Desa Gosari - Banyurip Ujungpangkah.

Sebelumnya, wujud sinergitas Pemerintah Kabupaten Gresik (Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUTR, kecamatan Ujungpangkah, Koramil, Polsek) bersama relawan SAR Pangkah, masyarakat desa Ketapanglor melaksanakan pemotongan pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang pada hari kamis tanggal 6 Desember 2023.

"Terima kasih kepada Bapak Bupati Gresik, Kadis LH dan Kadis PUTR, serta seluruh masyarakat Ujungpangkah. Semoga sinergitas ini selalu terjalin untuk mewujudkan Gresik Baru semakin MAJU," pungkas dia. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow