Pep Guardiola Ingin Latih Tim Nasional

Meski Guardiola tetap fokus pada kiprahnya di Etihad Stadium, ia mengaku terbuka untuk melatih tim nasional di masa depan.

24 Feb 2024 - 07:45
Pep Guardiola Ingin Latih Tim Nasional
Pep Guardiola, pelatih bertangan dingin (reuters/SJP)

Manchester, SJP – Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengungkapkan keinginannya untuk melatih tim nasional di masa depan.

Guardiola sedang menjalani musim kedelapannya bersama The Citizens setelah tiba di Inggris Barat Laut pada musim panas 2016.

Pria berusia 53 tahun itu saat ini terikat kontrak dengan juara Liga Inggris hingga akhir musim 2024-25.

Meski Guardiola tetap fokus pada kiprahnya di Etihad Stadium, ia mengaku terbuka untuk melatih tim nasional di masa depan.

" Saya ingin melatih tim nasional untuk Piala Dunia atau Kejuaraan Eropa karena melatih tim nasional punya kehormatan tersendiri,” katanya seperti yang dilansir dari ESPN Brasil.

Meski menikmati kesuksesan signifikan dalam karir manajemennya, Guardiola mengungkapkan bahwa ia memiliki cita-cita untuk mengangkat Piala Dunia.

"Ketika saya mulai di sini, saya tidak pernah berpikir untuk memenangkan gelar liga atau memenangkan Liga Champions.  Kini saya ingin memiliki pengalaman menjalani Piala Dunia, atau Euro atau Copa America,” lanjutnya

Ia katakana tidak tahu kapan itu akan terjadi, apakah itu lima, 10, 15 tahun dari sekarang, tapi ia ingin memiliki pengalaman menjadi pelatih tim nasional.

Peralihan ke manajemen internasional kemungkinan akan mengarah pada hubungan dengan negara asalnya, Spanyol, sementara ia sebelumnya telah diperdebatkan sebagai kandidat potensial untuk jadi pelatih timnas Inggris.

Guardiola telah menghabiskan seluruh karir manajemennya di klub sepak bola, memulai tim Barcelona B pada tahun 2007 sebelum ia mengambil alih tim utama pada tahun berikutnya.

Mantan pemain Barcelona ini memenangkan 14 penghargaan utama sebagai pelatih kepala klub, termasuk tiga gelar La Liga dan dua trofi Liga Champions.

Guardiola kemudian menghabiskan tiga tahun bersama Bayern Munich, di mana ia memenangkan tiga gelar Bundesliga dan memenangkan total tujuh trofi.

Ia kontinyu meraih trofi selama waktunya bersama The Citizens, termasuk trofi Liga Champions dalam kampanye perebutan treble musim lalu.(**)

Sumber: ESPN

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow