Penting Buat Kalian, Ini Keutamaan Salat Dhuha !

Jika anda mengetahui seberapa besar manfaat Salat Dhuha, tentu anda tidak akan pernah melewatkannya. Semoga istiqomah.

24 Nov 2023 - 10:45
Penting Buat Kalian, Ini Keutamaan Salat Dhuha !
Ilustrasi Salat Dhuha (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Probolinggo, SJP - Salat Dhuha adalah salat sunnah yang dikerjakan pada pagi hari, dimulai ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbitnya hingga menjelang zuhur. 

Waktu terbaik untuk melaksanakan salat dhuha adalah mulai pukul 7 hingga 9 pagi. 

Berikut Keutamaan Salat Dhuha:

  1. Dari Abu Dzar, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah.

    Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no. 720).

  2. Dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

  3. Hadits dari Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.”

    Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan salat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirohi).

  4. Dari Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Barangsiapa yang melaksanakan saalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

  5. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Tidaklah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah salat awwabin.” (HR. Ibnu Khuzaimah, dihasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib 1: 164).

    Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Awwab adalah muthii’ (orang yang taat). Ada pula ulama yang mengatakan bahwa maknanya adalah orang yang kembali taat” (Syarh Shahih Muslim, 6: 30).

  6. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1. berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2. mengerjakan salat Dhuha, 3. mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178).

Editor : Rizqi Ardian
Sumber : Berbagai Sumber 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow