KPU Banyuwangi Baru Menerima Dua Item Logistik Pemilu 2024

Dua item logistik tersebut merupakan pengadaan yang dilakukan KPU RI dan KPU Jatim. KPU Kabupaten/Kota hanya menerima saja.

09 Nov 2023 - 22:15
KPU Banyuwangi Baru Menerima Dua Item Logistik Pemilu 2024
Tinta Pemilu yang sudah diterima KPU Banyuwangi, (Ikhwan/SJP)

Kabupaten Banyuwangi, SJP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi mencatat baru ada dua jenis logistik Pemilu 2024 yang sudah siap. Dua item logistik itu diantaranya tinta semi permanen dan bilik suara. 

Dua item logistik itu kini tersimpan rapi di gudang logistik KPU Banyuwangi yang berlokasi di belakang kantor Kecamatan Kabat. 

Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni Rachman mengatakan tinta yang diterima KPU Banyuwangi yakni sejumlah 10.270 botol. Sementara bilik pemungutan suara yakni 20.540 unit. 

Dwi menerangkan jumlah logistik menyesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di Banyuwangi. Di Banyuwangi berjumlah 5.135 TPS. 

"Untuk tinta yakni 2 kali jumlah TPS dan bilik pemungutan suara 4 kali jumlah TPS. Saat ini baru tinta yang komplit, sementara bilik beberapa masih dalam perjalanan," kata Dwi, Kamis (9/11/2023).

Dua item logistik tersebut merupakan pengadaan yang dilakukan KPU RI dan KPU Jatim. KPU Kabupaten/Kota hanya menerima saja. 

Namun, lanjut Dwi, ada beberapa item yang pengadaaannya dilakukan sendiri oleh KPU Kabupaten/Kota. Logistik yang dibeli KPU Kabupaten tidak bersifat primer namun hanya pendukung.

Seperti pulpen, kertas lem, tali pengikat, alat coblos, bantalaan, gembok (kabel tis) dan keperluan pendukung lainnya.

KPU Banyuwangi saat ini telah memproses pengadaan kabel tis yang nantinya menjadi gembok kotak suara.

"Pengadaanya pun melalui sistem e-katalog. Sementara masih kabel tis, untuk yang lain-lain masih belum," jelasnya.

Dalam pendistribusian logistik KPU juga menggunakan sistem online bernama Silog. Melalui sistem tersebut alur pendistribusian dapat dipantau secara kontinyu. (*)

Editor : Queen Ve 

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow