Komisi VII DPR RI Inisiasi Bantuan Pasang Listrik Baru untuk Warga Lamongan

Dyah Roro Esti, Komisi VII DPR RI, inisiasi pasang listrik baru 20.250 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Jawa Timur dengan alokasi 3.623 rumah tangga di 27 kecamatan di Kabupaten Lamongan

29 Nov 2023 - 20:30
Komisi VII DPR RI Inisiasi Bantuan Pasang Listrik Baru untuk Warga Lamongan
Dyah Roro Esti, Anggota Komisi VII DPR RI,blusukan di kabupaten Lamongan jumpai warga penerima bantuan BPBL (Foto: Atmo/SJP)

Kabupaten Lamongan,SJP - Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantu masyarakat tidak mampu untuk pasang listrik secara gratis.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Usaha Penunjang Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Didit Waskito pada Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Kuripan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Rabu (28/11/2023).

Program ini juga salah satu dari sekian upaya pemerataan akses listrik ke seluruh nusantara untuk tingkatkan rasio elektrifikasi. 

Tujuannya adalah tingkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat.

Didit katakan masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga jika punya akses listrik sendiri,

“Tahun 2022 lalu Kementerian ESDM menargetkan 80.000 rumah tangga akan mendapatkan sambungan listrik gratis melalui program BPBL. 

Realisasi pada akhir tahun 2022 berhasil menyala melebihi target sebanyak 80.183 rumah tangga atau 100,2%. Pada tahun 2023 ini, program BPBL dilanjutkan kembali dengan menyasar 125.000 rumah tangga di seluruh Indonesia,” jelas Didit.

Lebih lanjut Didit sampaikan program yang diinisiasi Komisi VII DPR RI ini fasilitasi pasang listrik 20.250 rumah tangga tidak mampu di Provinsi Jawa Timur.

Dari jumlah tersebut Kabupaten Lamongan mendapat alokasi 3.623 rumah tangga di 27 Kecamatan, dan saat ini telah menyala 100 persen.

Hadir pula Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti Widya Putri.

Ia sampaikan bahwa listrik menjadi salah satu standar dalam kesejahteraan masyarakat.

Listrik akan membuat masyarakat produktif dan berharap bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan kemiskinan semakin berkurang, sebutnya.

"Program BPBL ini merupakan bentuk kerjasama DPR RI dengan Ditjen Ketenagalistrikan dan eksekutornya PT PLN (Persero). Dari kerjasama yang baik ini, akan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dan tetntu saja dengan adanya listrik ini akan menjadi penopang ekonomi nasional," ungkap Roro.

Staf Ahli Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Patar Situmorang sampaikan bahwa program BPBL ini menjadi bukti komitmen PLN untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu dan listrik untuk kehidupan yang lebih baik.

"Program BPBL ini bertujuan memberikan kepada masyarakat di segala lapisan untuk berkesempatan menikmati aliran listrik khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur," kata Patar.

Bupati Lamongan, Yuhronur Effendi, yang juga hadir, sampaikan terima kasih atas perhatian Pemerintah Pusat dan mengapresiasi program BPBL yang dilaksanakan Kementerian ESDM kepada masyarakat kurang mampu di Lamongan.

“Kami atas nama kabupaten Lamongan mengucapkan terima kasih, bantuan pasang listrik ini tentu akan banyak memberikan manfaat dan berkah, semoga bisa meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Salah satu penerima manfaat program BPBL di Desa Kuripan, Ifa Nursida (33 tahun) sangat bersyukur dirinya termasuk kedalam daftar penerima bantuan.

Ia katakan bahwa selama ini di rumahnya menyambung listrik dari tetangga yang tinggal bersebelahan.

“Selama ini khawatir misal mau menggunakan listrik, takut Njeglek (MCB turun-red), saat dipakai bersamaan, malah jadi cekcok, sekarang tenang mau pakai listrik,” ungkap Ifa.

Penerima manfaat lainnya adalah Kasiono, lansia berusia 61 tahun.

Ia sangat bahagia atas bantuan pasang listrik gratis dari pemerintah.

Selama ini dirinya mengaku tidak pernah punya cukup uang untuk dapat pasang listrik sendiri.

"Alhamdulillah sekali, terima kasih untuk Pemerintah, kami sudah diberikan bantuan listrik tanpa biaya" ujar Kasiono. (*)

editor: trisukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow