Jason Momoa Ubah Mobil Rolls-Royce 1920 Miliknya Jadi Mobil Listrik

Electrogenic, perusahaan asal Inggris memang dikenal dapat mengubah mobil klasik menjadi kendaraan listrik kontemporer dan juga telah mengembangkan perangkat konversi EV “drop-in” yang canggih.

09 Feb 2024 - 06:45
Jason Momoa Ubah Mobil Rolls-Royce 1920 Miliknya Jadi Mobil Listrik
Jason Momoa pamerkan mobil klasik kesayangannya (RobbReport/SJP)

Los Angeles, SJP – Aktor Hollywood Jason Momoa baru-baru ini meminta Electrogenic untuk mengubah mobil Phantom II 1929 Rolls Royce miliknya menjadi mobil listrik.

Aktor Aquaman ini sudah lama memimpikan mobil kesayangannya itu untuk menjadi mobil hemat energi.

“Untuk mewujudkan proyek impian ini, saya harus menemukan mitra yang tepat,” kata Momoa seperti yang dirilis dari Robb Report. “Saya membutuhkan tim yang menghargai sejarah mobil ini sambil memperbarui teknologinya.”

Aktor yang juga berperan dalam Game of Thrones mempercayakannya pada Electrogenic.

“Electrogenic selalu menghargai mobil-mobil vintage,” tambah Momoa. “Saya ingin tim ini menjadikannya bertenaga listrik tanpa kehilangan karakter sedikitpun.”

Perusahaan asal Inggris tersebut memang dikenal dapat mengubah mobil klasik menjadi kendaraan listrik kontemporer dan juga telah mengembangkan perangkat konversi EV “drop-in” yang canggih.

Kenyataannya mobil bersejarah asal Inggris milik Momoa tersebut berhasil menjadi mobil listrik tanpa menghapus desain klasik menawan tahun 1920-annya.

Phantom II yang berusia seabad ini tetap mempertahankan desain aslinya yang dibuat oleh H. J. Mulliner & Co. dan fitur-fitur abadi lainnya.

Khusus milik Momoa, mobil itu kini dilengkapi dengan powertrain listrik yang senyap dan bebas emisi.

Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah. Direktur elektrogenik Steve Drummond mengatakan bahwa ini adalah konversi mobil listrik klasik paling rumit yang pernah dilakukan tim.

Para insinyur, pemrogram, dan perakit bekerja dengan Momoa selama 18 bulan untuk mewujudkan visinya.

Rolls awalnya ditenagai oleh mesin enam silinder pushrod raksasa 7,7 liter yang dihubungkan langsung ke gearbox manual empat kecepatan.

Dengan 40 dan 50 HP , mobil ini dilaporkan dapat mencapai kecepatan lebih dari 80 mph di masa kejayaannya.

Tim Electrogenic melepas girboks dan diganti dengan baterai 93 kWh, yang telah diintegrasikan ke dalam arsitektur yang ada dan tidak ada modifikasi yang dilakukan pada struktur asli mobil.

Motor listrik, yang terletak rapi di antara rel sasis, menerima tenaga dari baterai melalui transmisi penggerak langsung kecepatan tunggal khusus.

Sekitar 150 kW grunt dan torsi 229 ft lbs disalurkan ke gigi reduksi tetap, yang pada gilirannya menghasilkan sekitar 734 putaran ke poros penyangga.

Semua sistem dikelola oleh perangkat lunak khusus yang dikembangkan oleh Electrogenic.

Tim dari perusahaan itu juga memperbarui sistem pengereman asli yang dioperasikan dengan kabel, mengubah kontrol dan pengukur asli, dan menambahkan sistem HiFi multi-speaker kelas atas.

Rolls serba listrik dan proses konversi yang melelahkan tercakup dalam acara baru Momoa, On the Roam.

Serial dokumenter ini menunjukkan aktor asli Hawaii itu saat ia melakukan perjalanan keliling dunia bertemu dengan para perintis kreatif, mulai dari atlet dan musisi hingga perakit sepeda motor dan pemulih mobil.

“Karya kami bisa dipamerkan Jason sungguh merupakan hal yang luar biasa,” Drummond sampaikan. “Ini adalah cara sempurna untuk merayakan Phantom II ini, yang kini menjadi bukti masa depan untuk ratusan tahun dunia otomotif yang megah.” (**)

sumber: RobbReport

Editor: Tri Sukma

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow